Perang Tanding Meletus di Pulau Adonara NTT

Palce Amalo    •    21 Oktober 2015 14:01 WIB
tawuran
Perang Tanding Meletus di Pulau Adonara NTT
Ilustrasi tawuran, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Kupang: Perang antarwarga meletus di Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Peristiwa itu mengakibatkan suasana di lokasi kejadian mencekam hingga Rabu 21 Oktober.

Korem 161 Wirasakti Kupang menurunkan pasukan untuk bersiaga di sekitar lokasi kejadian. Pasukan mengantisipasi bentrokan susulan antara warga Dusun Belle, Desa Lewonara melawan penduduk Desa Lewobung. Kedua kelompok warga berebut tanah ulayat seluas 15 hektare di Dusun Riang Bunga, Desa Lewobung.

"Saat ini satu satuan setingkat peleton (SSP) dari TNI dan polisi sudah tiba di lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan," kata Kasie Intel Korem 161 Wirasakti Kupang Kolonel Inf Toyib Anwari. 

Perang tanding antarwarga itu pernah meletus pada 2012. Satu orang tewas dan puluhan lainnya luka akibat terkena bacok serta panah. 

Lantaran itu, saat peristiwa serupa pecah pada Selasa 20 Oktober 2015, TNI langsung mengambil alih pengamanan. Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun dua kandang ternak milik warga hangus terbakar.

TNI beserta kepolisian yang menerima laporan langsung membubarkan warga bersenjatakan panah, parang, dan tombak. Polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan.

Akar masalah kejadian itu bermula pada 2012, saat pemerintah setempat membangun 200 rumah di Dusun Riang Bunga.Warga Desa Lewonara menolak dan menggelar aksi.

Mereka mengklaim tanah itu mulik warga Desa Lewonara secara turun temurun. Mereka juga meminta warga penghuni Dusun Riang Bunga meninggalkan lokasi. Namun warga Dusun Riang Bunga menolak. Perselisihan itu pun meruncing hingga berujung bentrokan.


(RRN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /