Polres Sleman Jaga Imigran Afganistan 24 Jam

Patricia Vicka    •    21 Oktober 2015 14:07 WIB
imigran
Polres Sleman Jaga Imigran Afganistan 24 Jam
Para imigran saat di Balai Pemuda Ambarbinangun, Kasihan, Bantul. (Foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polres Sleman menurunkan jajarannya untuk menjaga 31 imigran yang ditampung di Balai Transmigrasi (Balatrans) di Kecamatan Beran, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kapolres Sleman AKBP Faried Zulkarnaen mengatakan pihaknya menurunkan jajarannya untuk menjaga keamanan para imigran dan mencegah tindakan anarkis warga sekitar.

"Kami turunkan lima sampai enam personel untuk berjaga bergantian 24 jam. Memang tidak banyak, karena mereka (imigran) masih anak-anak dan remaja. Nanti ada personel yang patroli juga bantu mengawasi," ujar Faried di Yogyakarta, Rabu (21/10/2015).

Ia menjelaskan para imigran ditampung sementara di Balatrans hingga proses imigrasi mereka selesai. "Para imigran dipindahkan oleh Dinas Sosial ke Balatrans kemarin sekitar jam 11.00 WIB. Izin ditampung di sini (balatrans) hingga proses imigrasi selesai sekitar dua hari," jelasnya.

Jika sudah selesai, para imigran akan diantar ke bagian imigrasi dikawal oleh jajarannya. "Nanti saat dikembalikan ke imigrasi akan kita kawal. Kemarin saat datang ke sini juga dikawal jajaran kami," tutupnya.

Para imigran tersebut dipindahkan oleh Dinsoskertrans DIY ke Balatrans karena mendapat protes dari salah satu kelompok masyarakat di Yogyakarta. Imigran yang berjumlah 31 orang asal Afganistan dan Myanmar itu diketahui berstatus legal. 

Baca: Datang ke Yogyakarta, Imigran Afghanistan Diusir

Awalnya para imigran tiba di Balai Pemuda Ambarbinangun, Kasihan, Bantul diantar oleh International Organization of Imigration. Namun karena mendapat protes dari ormas, para imigran dipindahkan ke wilayah hukum Polres Bantul dan selanjutnya dibawa ke Sleman.


(SAN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /