Divestasi Saham Freeport Jangan Lewat IPO

Annisa ayu artanti    •    21 Oktober 2015 14:13 WIB
freeport
Divestasi Saham Freeport Jangan Lewat IPO
Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi (tengah). (FOTO: Antara/Ujang)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi Nasdem, Kurtubi, tidak setuju terhadap pendapat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said yang menginginkan pelepasan divestasi saham PT Freeport Indonesia dapat dilakukan melalui mekanisme Initial Public Offering (IPO).

Menurutnya, bila pelepasan saham ini dilakukan dengan mekanisme IPO, maka divestasi akan gagal. Karena divestasi tersebut ditujukan sebagai kewajiban negara untuk membeli saham tersebut.

"Kalau itu terjadi, maksud divestasi itu gagal. Saya tidak sependapat dengan Menteri ESDM dengan IPO. Saya berpendapat kewajiban divestasi itu dibeli negara. Negara diwakili Badan Usaha Milik Negara," kata Kurtubi, saat rapat dengar pendapat dengan PT Antam, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Kurtubi menjelaskan, mekanisme IPO itu banyak mengandung risiko. Salah satunya yaitu investor asing dengan mudah akan masuk. Padahal, investor dari penyokong dananya sama, hanya yang membedakan nama perusahaannya saja.

"Kami khawatir kalau pihak IPO investor asing malah gampang masuk dengan nama lain," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan ada beberapa keuntungan bila pelepasan divestasi saham PT Freeport Indonesia dapat dilakukan melalui mekanisme IPO.

Sudirman mengakui banyak pandangan terkait divestasi saham perusahan asal Amerika Serikat (AS) bila pelepasan saham dilakukan melalui IPO akan lebih transparan, akuntabel, dan mudah dipertanggung-jawabkan serta pasar modal Indonesia juga akan berkembang lantaran perusahaan sebesar Freeport masuk didalamnya.

"Memang ada berbagai pandangan tapi saya cenderung orang yang ingin pasar modal kita ini berkembang. Kalau masuk perusahaan-perusahan besar ke pasar modal saya kira dinamikanya akan berbeda dan bagaimana pun pasar modal itu lebih jauh transparan dan bisa dilihat masyarakat dan harga saham kita pun kemungkinan punya market," kata Sudirman, usai rapat kerja dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.


(AHL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

12 minutes Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /