Kapolres Heran WNA Penipuan Daring Leluasa Menetap di Surabaya

Muhammad Khoirur Rosyid    •    21 Oktober 2015 14:25 WIB
penipuan
Kapolres Heran WNA Penipuan Daring Leluasa Menetap di Surabaya
Puluhan warga Tiongkok dan Taiwan ditangkap di Surabaya atas kasus pemalsuan via online, (Metrotvnews.com/MK Rosyid)

Metrotvnews.com, Surabaya: Warga negera Tiongkok dan Taiwan pelaku penipuan daring (online) diketahui masuk Indonesia menggunakan visa kunjungan. Namun, 32 WNA itu dengan leluasa menyewa delapan rumah.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya AKBP Takdir Matanette mengatakan tiap kali visa kunjungan habis masa berlakunya, mereka akan kembali lagi ke negaranya.

“Mereka selalu memperbarui visanya. Bolak-balik ke Indonesia dengan menggunakan visa berkunjung,” kata Takdir, di Surabaya, Rabu (21/10/2015).

Takdir menjelaskan, di Indonesia, para tersangka itu telah memulai aktivitasnya sejak Februari 2015. Sebagian lainnya ada yang memulai penipuan daring sejak April 2015.

“Yang saya herankan itu mereka bisa leluasa menetap dan tinggal di Surabaya. Ini tugas kantor keimigrasian nanti yang menangani, karena ini masuk wewenang imigrasi,” tuturnya.

Baca: Puluhan Warga Tiongkok dan Taiwan Ditangkap di Surabaya 

32 WNA asal Tiongkok dan Taiwan itu ditangkap Satreskrim Polrestabes Surabaya di Hotel Ciputra World, Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa (20/10/2015) dini hari. Dari 32 WNA, 27 di antaranya berasal dari Tiongkok sementara lima lainnya asal Taiwan.

Selama tinggal di Surabaya, jika siang mereka menempati rumah kontrakan di Kompleks Perumahan Kupang Indah, Surabaya, untuk beraksi melakukan penipuan daring. Sementara malam harinya mereka menginap di hotel. Belum ditemukan korban warga Indonesia. Semua korban dari Tiongkok dan Taiwan. Oleh polisi, mereka dijerat pasal 378 KUHP tentang penipuan.


(SAN)


Wejangan Gerrard untuk Liverpool Jelang Final
Jelang Final Liga Champions

Wejangan Gerrard untuk Liverpool Jelang Final

15 hours Ago

Steven Gerrard punya wejangan khusus untuk membakar semangat Liverpool yang akan melakoni final…

BERITA LAINNYA
Video /