Unjuk Gigi, NATO Gelar Latihan Militer 30 Negara

Willy Haryono    •    21 Oktober 2015 15:11 WIB
nato
Unjuk Gigi, NATO Gelar Latihan Militer 30 Negara
Pasukan AS menaiki kendaraan lapis baja dalam lapisan gabungan 30 negara yang digelar NATO di bibir pantai Pinheiro da Cruz, Portugal, Selasa (20/10/2015) . (Foto: AFP / FRANCISCO LEONG)

Metrotvnews.com, Pinheiro da Cruz: Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO bersama pasukan Amerika Serikat dan puluhan negara lainnya berpartisipasi dalam latihan militer terbesar di garis pantai benua Eropa, Selasa (20/10/2015). 

Program ini bertujuan mendemonstrasikan kekuatan militer konvensional dan juga mengirim pesan peringatan kepada pihak-pihak yang mungkin akan menjadi musuh NATO. 

Latihan bertajuk Trident Juncture telah dimulai dan akan terus berguling sepanjang November di Portugal, Spanyol dan Italia. Trident Juncture melibatkan 36 ribu prajurit, kelasi dan pilot dari sekitar 30 negara. Untuk kendaraan tempur, akan dihadirkan 200 pesawat jet dan 60 kapal perang serta kapal selam.

Sejumlah analis menilai NATO ingin unjuk gigi, menunjukkan bahwa organisasi ini masih memiliki kekuatan untuk mengatasi ancaman, dan tidak melupakan konflik di wilayah selatan Eropa terkait kekhawatiran meningkatnya aktivitas militer Rusia. 

Manuver terbaru ini juga melibatkan uji coba Pasukan Respon NATO -- unit reaksi cepat yang dibentuk pada 2014 dan akan siap bertempur tahun depan. 

"Trident Juncture mengirim pesan bahwa aliansi ini kuat dan kami akan saling membantu," ujar Kepala Staf NATO Admiral Roy Kitchener kepada Associated Press

Nantinya, NATO juga akan menggelar simulasi jika salah satu negara anggota meminta bantuan kekuatan militer. 

Dalam awal latihan Trident Juncture, beberapa kendala terjadi. Pantai tempat digelarnya latihan kurang mendukung sehingga pesawat hovercraft sulit berlabuh, sehingga harus kembali ke laut dan mengulang kembali. Terdapat pula dua kendaraan lapis baja yang tak dapat bergerak karena terjebak di pasir. 


(WIL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

6 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /