Antisipasi Korban, Pendaki Lawu Diturunkan via Jalur Candi Cetho

Pythag Kurniati    •    21 Oktober 2015 15:30 WIB
pendaki tewas
Antisipasi Korban, Pendaki Lawu Diturunkan <i>via</i> Jalur Candi Cetho
Pendaki melintasi kawasan hutan yang terbakar di Gunung Lawu. (Ant/Siswowidodo)

Metrotvnews.com, Karanganyar: Puluhan pendaki dan pemilik warung makan di beberapa tempat di Gunung Lawu diturunkan melalui jalur Candi Cetho, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sejak Rabu (21/10/2015) pagi, petugas SAR, Perhutani dan relawan Anak Gunung Lawu menyisir jalur pendakian dan menurunkan mereka. Tindakan ini menyusul kebakaran Gunung Lawu di sisi Magetan, Jawa Timur. Dikhawatirkan api merembet hingga sisi Jawa Tengah.

Baca: Belasan Pendaki Terjebak saat Lakukan Pesugihan di Gunung Lawu

Kepala Resor Pemangkuan Hutan Nglerak Jawa Tengah, Maridi mengatakan penurunan melalui jalur Candi Cetho dikarenakan jalur ini tergolong aman dibanding jalur lain. Selain menurunkan para pendaki, petugas juga menutup jalur pendakian.

“Semuanya ada sekitar 20 orang pendaki dan pemilik warung yang kita turunkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,“ ungkapnya.

Sementara Asisten Perhutani Lawu Utara, Arif mengatakan di kawasan Jawa Tengah, titik api muncul Selasa (20/10/2015) di petak 63. Rabu pagi pemadaman mulai dilakukan.

Baca: Pendaki Tewas di Gunung Lawu Jadi 7 Orang

“Upaya penurunan para pendaki ini untuk menghindari peristiwa yang terjadi di Magetan. Harapannya sudah tidak ada lagi pendaki yang berada di atas. Api di wilayah Jawa Tengah pun sudah hampir padam,” kata dia.


(SAN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

59 minutes Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /