Warga Aceh Singkil yang Mengungsi Sudah Kembali

Dheri Agriesta    •    21 Oktober 2015 16:24 WIB
bentrok
Warga Aceh Singkil yang Mengungsi Sudah Kembali
Gubernur Aceh Zaini Abdullah usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat,--Foto: MTVN/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga Aceh Singkil yang mengungsi akibat bentrok dan pembongkaran rumah ibadah, 13 Oktober lalu, sudah kembali ke rumah masing-masing. Mereka tak kurang satu apa pun.

"Bukan 7.000 pengungsi, tapi 5 ribu. Semua sudah kembali," kata Gubernur Aceh Zaini Abdullah usai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (21/10/2015).

Tapi, Aceh Singkil masih dijaga ketat. Pasukan keamanan baru ditarik ke barak jika kondisi sudah benar-benar aman. Kapolda Aceh, Pangdam, dan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengawal proses pengamanan di daerah itu.

Pemerintah setempat, tambah Zaini, akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar kejadian serupa tak lagi terulang. Zaini berharap, seluruh pihak terkait mematuhi kesepakatan yang telah disetujui agar tak ada lagi kejadian serupa.

Menurut dia, pembongkaran rumah ibadah seharusnya dilakukan dari 19 hingga 23 Oktober. Pemerintah setempat akan memberikan uang kompensasi terhadap pembongkaran rumah ibadah yang tak mengantongi izin.

"Jadi untuk kompensasi pembongkaran itu nanti ada biayanya," kata dia.

Ribuan warga Aceh Singkil mengungsi ke Sumatera Utara guna menghindari konflik yang terjadi. Kepolisian Daerah Sumatera Utara menyebut total ada 4.409 warga Kabupaten Aceh Singkil yang mengungsi ke dua kabupaten di Sumut.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf menjelaskan, sebanyak 3.433 warga Aceh Singkil mengungsi di Kabupaten Tapanuli Tengah. Sementara 976 orang lainnya mengungsi di Kabupaten Pakpak Bharat.

Sementara, di Pakpak Bharat, para pengungsi menempati beberapa tempat seperti kantor Kecamatan Sibagindar, sekolah, rumah penduduk, dan tenda-tenda yang telah disiapkan. Pemkab Pakpak Bharat juga menyiapkan berbagai logistik yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi dari Aceh Singkil.


(MBM)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /