On This Day: Pemain Jepang Pertama di Bundesliga Melakoni Debut

Krisna Octavianus    •    22 Oktober 2015 07:22 WIB
pada hari ini
<i>On This Day:</i> Pemain Jepang Pertama di Bundesliga Melakoni Debut
Yasuhiko Okudera (Foto: bild)

Metrotvnews.com: Hari ini pada 38 tahun yang lalu atau tepatnya pada 22 Oktober 1977, Yasuhiko Okudera menjadi pemain sepak bola Jepang pertama yang bermain di Eropa. Hal itu terjadi ketika ia memulai debutnya bersama klub Jerman FC Koln di Bundesliga.

Usia Okudera masih 25 tahun ketika bergabung ke FC Koln dari tim Jepang, Furukawa Electric. Selama di Furukuwa Electric,  ia tampil 100 penampilan dalam delapan musim dan berhasil memenangi liga, Piala Kaisar, dan Piala Super Jepang pada 1977. Furukawa Electric melakukan perjalanan ke Jerman Barat untuk melakoni beberapa pertandingan eksibisi pada musim panas 1977. Pada pertandingan itu, Okudera berhasil memukau pelatih Koln, Hennes Weisweiler yang kemudian mengontraknya.

Okudera langsung menjadi buah bibir di persepakbolaan Jepang karena menjadi pemain pertama dari negara tersebut yang mendapat kontra profesional dari klub Eropa. Ia melakoni debut saat melawan MSV Duisburg. Hebatnya, Okudera mampu membawa Koln menang dengan skor 2-1.

Okudera bermain di Koln selama tiga musim. Total, ia tampil dalam 94 pertandingan. Selama tiga musim, Okudera berhasil meraih satu titel Bundesliga dan Piala Jerman. Ia kemudian melanjutkan karier di Jerman dengan bergabung ke Hertha Berlin (1980-1981) dan Werder Bremen (1981-1986). Setelah itu, Okudera kembali ke Furukawa pada musim panas 1986. Ketika itu, Okudera berjasa membantu mengembangkan liga profesional di Jepang. (tdifh)


(KRS)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /