Gereja Berumur 400 Tahun Muncul dari Dasar Waduk

Willy Haryono    •    22 Oktober 2015 07:44 WIB
peristiwa unik
Gereja Berumur 400 Tahun Muncul dari Dasar Waduk
Sebuah gereja kuno muncul dari dasar waduk yang mengering di tengah musim kemarau di Meksiko. (Foto: AP/David von Blohn)

Metrotvnews.com, Chiapas: Sebuah gereja kuno berusia sekitar 400 tahun muncul dari dari dasar waduk. Gereja terlihat warga karena ketinggian air waduk terus menurun di tengah musim kemarau panjang. 

Leonel Mendoza memancing ikan setiap hari di waduk tersebut, yang dikelilingi area hutan dan pegunungan di negara bagian Chiapas, Meksiko. Namun dalam beberapa hari terakhir, kegiatan sehari-harinya adalah mengantarkan orang yang penasaran terhadap gereja di dasar waduk. 

Musim kemarau membuat ketinggian air Sungai Grijalva, yang mengalir ke waduk Nezahualcoyotl, turun hingga 25 meter. Kejadian semacam ini pernah terjadi pada 2002. 

"Orang-orang merayakan ini. Mereka datang untuk makan, bersantai, berbisnis. Mereka beraktivitas di sekitar gereja itu," kata Mendoza, seperti dikutip Metro.co.uk, belum lama ini. 

Gereja dekat area Quechula itu dibangun sekelompok pendeta yang dipimpin Friar Bartolome de la Casas, yang tiba di wilayah yang dihuni masyarakat Zoque pada pertengahan abad ke-16. 

Bangunan ini memiliki panjang 61 meter dan lebar 14 meter, dengan tinggi tembok hingga 10 meter. Lonceng gereja berada di ketinggian 16 meter dari tanah. 

Menurut arsitek Carlos Navarete, gereja itu ditelantarkan karena terjadinya wabah mematikan pada 1773-1776. 

"Ini adalah gereja yang dibangun sekelompok pendeta yang berharap bisa dijadikan pusat populasi masyarakat, namun harapan itu tak pernah terwujud," kata Navarete. (Nabila Gita)


(WIL)

Video /