Susu Rendah Kalori Picu Kemunculan Jerawat

Nia Deviyana    •    22 Oktober 2015 09:39 WIB
kecantikan
Susu Rendah Kalori Picu Kemunculan Jerawat
Susu rendah lemak memicu jerawat (Foto:Allwomenstalk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Makanan sarat minyak dan lemak seringkali dianggap memicu timbulnya jerawat. Padahal, hal itu tak sepenuhnya benar.

"Memang ada beberapa orang yang makan cokelat atau kacang, kemudian timbul jerawat di wajahnya. Penyebab jerawat pada tiap orang beda-beda. Tapi secara umum, makanan-makanan itu tidak memicu timbulnya jerawat," jelas Dr. Yuda Ilhamsyah, SpKK, spesialis kulit dari Bamed Skincare.

Yuda menambahkan, susu rendah kalori dan makanan dengan kadar glisemik tinggi (manis) justru yang sangat berisiko memicu jerawat.

"Kebalikan dari anggapan umum. Susu low fat memicu tingginya hormon androgen. Hormon ini timbul dari mekanisme pengubahan lemak, terutama dari kolesterol. Dari pengolahan berbagai enzim, hormon ini kemudian berubah menjadi estrogen. Kelebihan kadar estrogen yang akhirnya memicu jerawat," papar dia.

Iklim yang tropis adalah salah satu faktor mengapa masalah jerawat kerap menghampiri pria maupun wanita Indonesia. Perawatan intensif terhadap kulit disertai gaya hidup sehat, menjadi langkah jitu untuk menghindari munculnya jerawat.

"Selalu ingat, kebiasaan merokok dan minum alkohol menyebabkan radikal bebas yang tidak perlu. Terlalu banyak radikal bebas di tubuh akan memicu jerawat, keriput, dan kerutan," kata dia.

Yuda juga mengingatkan pentingnya menggunakan pelembab untuk menghindari berbagai masalah kulit.

"Kalau enggak terlalu sering terpapar (sinar matahari), misal Anda kerja di kantor, sunscreen dengan SPF 30 sudah cukup, dan harus diulang setiap 4-5 jam sekali. Untuk Anda yang bekerja di lapangan, aplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali," saran Yuda.


(ROS)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

29 minutes Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /