Peran APIP Diharapkan Bisa sebagai Konsultan

Gervin Nathaniel Purba    •    22 Oktober 2015 09:45 WIB
kementerian keuangan
Peran APIP Diharapkan Bisa sebagai Konsultan
Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin (kiri). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berharap Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dapat menjalankan peran sebagai konsultan.

Menurut Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkeu Kiagus Ahmad Badaruddin, dalam kapasitasnya sebagai konsultan, APIP diharapkan dapat memberikan manfaat berupa pemberian nasihat dalam pengelolaan sumber daya organisasi.

Adapun proporsi pelaksanaan pengawasan mulai diberikan kepada audit kinerja. Tujuannya untuk meyakinkan bahwa institusi pemerintah telah memanfaatkan sumber daya organisasi secara ekonomis, efisien, dan efektif (3E) dalam rangka pencapaian tujuan.

"Melalui pelaksanaan peran sebagai konsultan inilah, APIP dapat memberikan rekomendasi yang bersifat preventif dan perbaikan untuk jangka menengah dan jangka panjang," ujar Kiagus Ahmad Badaruddin dalam paparannya di Gedung Dhanapala, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2015).

Di sisi lain, untuk meningkatkan kapabilitas dan pemberdayaan APIP tersebut, penajaman fungsi asurans (penjaga) dan konsultasi APIP menjadi penting dalam mengawal program pembangunan termasuk pencegahan korupsi. Dalam perannya sebagai penjaga, APIP melakukan compliance audit dan memberikan saran koreksi atau perbaikan apabilia ditemukan penyimpangan dalam audit.

Lanjutnya, peran penjaga ini biasanya menghasilkan saran atau rekomendasi yang mempunyai impact jangka pendek. "Oleh karena itu, APIP perlu memperluas perannya agar dapat memperbesar nilai tamabah bagi organsiasa melaului pemberian rekomendasi yang memberikan impact jangkan menegah maupun panjang.

Sekadar diketahui, Kemenkeu menyelenggarakan Konferensi Auditor Intern Pemerintah Tahun 2015 dengan tema 'Peran APIP dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih.' Dalam kesempatan itu hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kepal Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, dan Kepala BPKP Ardan Adiperdana.


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /