Topan Koppu Melemah usai Tewaskan 58 Orang

Willy Haryono    •    22 Oktober 2015 10:56 WIB
topan badai
Topan Koppu Melemah usai Tewaskan 58 Orang
Anak-anak duduk di atap sebuah rumah yang roboh terkena Topan Koppu di provinsi Auroran, Filipina, Rabu (21/10/2015). (Foto: AFP / DANTE DIOSINA JR)

Metrotvnews.com, Casiguran: Topan Koppu yang membawa hujan deras dan angin kencang di wilayah utara Filipina, menewaskan 58 orang sejak pertama kali melanda pada akhir pekan kemarin. 

Menurut juru bicara Agensi Bencana Nasional Filipina Romina Marasigan, Rabu (21/10/2015) malam, kekuatan Koppu terus melemah dari topan menjadi kategori badai tropis. Namun, otoritas masih mengingatkan nelayan di tiga pulau Filipina untuk tidak melaut. 

Marasigan mengatakan banjir dan tanah longsor yang dipicu Koppu adalah penyebab utama kematian warga di Luzon. Sekitar 100 ribu warga lainnya masih tinggal di penampungan sementara. 

"Kami ketakutan dan berdoa di bawah meja selama berjam-jam setelah angin menerbangkan atap dan dinding rumah kami," ujar korban selamat, Andres Subang, 72, seperti dikutip Reuters. 

"Saya sering menghadapi topan sepanjang hidup saya, tapi ini yang terburuk. Semua hilang. Kami tidak punya makanan dan barang-barang kebutuhan hidup," sambung dia. 

Koppu menghancurkan banyak area persawahan, infrastruktur dan perumahan. Total kerugian material akibat Koppu diperkirakan mencapai USD141,64 juta. 

Filipina adalah negara yang sering dilanda topan, dengan rata-rata 20 angin ribut per tahun. 



(WIL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

17 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /