Tiga Wejangan Bos Markplus ke CEO BUMN

Dian Ihsan Siregar    •    22 Oktober 2015 17:17 WIB
mark plus
Tiga Wejangan Bos Markplus ke CEO BUMN
Founder & CEO Markplus, Inc, Hermawan Kartajaya (kiri) saat bersama jurnalis Metrotvnews.com. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan Siregar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Founder & CEO Markplus, Inc, Hermawan Kartajaya, memberi wejangan khusus bagi bos-bos perusahaan pelat merah yang menakhodai bisnisnya saat ekonomi sedang bergejolak.

‎Langkah pertama, kata Hermawan, bos perusahaan pelat merah harus mengembangkan semangat entrepreneurship atau wirausaha. Dengan menjadi wirausaha, maka bisa melihat peluang-peluang yang cukup baik bagi kinerja bisnis perseroan.

"CEO itu leader, seperti wirausaha berani melakukan terobosan khusus. Melihat ada peluang langsung hantam. CEO jangan berperilaku seperti manager. Kalau manager gitu-gitu doang akan repot," aku Hermawan, ditemui di kantor pusat Taspen, Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Kedua‎, bos BUMN harus bisa meningkatkan produktivitas. Dengan terpeliharanya produktivitas, maka setiap pekerjaan akan lebih efisien dan efektif.

Ketiga, semua bos BUMN itu harus kreatif, seperti membuat ide baru dalam menjalankan roda bisnis secara bersama-sama.

"Ada new idea lah, ada ide yang bisa melakukan kebersamaannya secara bersama-sama dan berlangsung," tutur dia.

Dari ketiga wejangan tersebut, Hermawan melihat bos Taspen Iqbal Latanro sudah memiliki semuanya. Sebab, beliau bisa membawa Taspen lebih bagus dengan membawa terobosan-terobosan yang lebih baru, seperti mengajak PT Bank Mandiri ‎(Persero) Tbk (BMRI) dan PT Pos Indonesia (Persero) dalam membentuk Bank Mantap.

"Itu baru perilaku CEO.‎ Saya yakin ada di BUMN yang lain. CEO yang tidak melakukan tiga itu, maka perusahaan akan ketinggalan. Presiden Jokowi saja enggak kena hari, kerja enggak kenal Sabtu dan Minggu, kalender di Istana saja hitam semua. Presiden itu seorang entrepreneur, kreatif dan produktif. Maka CEO BUMN harus mengikuti," ‎ungkap dia.‎


(AHL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /