Legenda Belanda Mengidap Kanker Paru-Paru

A. Firdaus    •    22 Oktober 2015 17:20 WIB
liga dunia
Legenda Belanda Mengidap Kanker Paru-Paru
Johan Cruyff (foto: AFP)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Kabar buruk menimpa legenda sepak bola Belanda Johan Cruyff. Pria berusia 68 tahun itu didiagnosis mengidap penyakit kanker paru-paru.

Melansir Catalan Mundo, Ia telah dinyatakan menderita kanker paru-paru Selasa, 20 Oktober 2015. Cruyff sedang menjalani tes untuk menemukan seberapa parah penyakit yang dideritanya.

Namun, Cruyff juga sebenarnya memiliki rekam jejak yang kelam dalam kesehatannya. Ia sempat menjalani operasi Jantung pada 1991 saat masih memimpin Blaugrana.

Saat masih aktif di lapangan, Cruyff memiliki prestasi yang gemilang. Ia juga memberikan beberapa gelar saat masih merumput di beberapa klub Eropa, seperti Barcelona, Ajax, dan Feyenord.

Sementara, prestasinya sebagai pelatih juga patut diacungi jempol. Ia dikenal oleh dunia lantaran menghasilkan pemain-pemain top seperti, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Cesc Fabregas, dan Lionel Messi.

Cruyff mengawali kariernya saat berseragam Ajax pada musim 1957. Ia sempat mendapat penghargaan tiga kali sebagai pemain terbaik Belanda dan tiga kali penghargaan Ballon d'Or. Tak hanya itu, penghargaan sebagai pelatih sepak bola terbaik di dunia juga pernah disabetnya pada 1987. (Brian/Metro.uk)


(ACF)


Video /