Analis: Serangan ISIS Tewaskan 3.000 Orang dalam 3 Bulan

Willy Haryono    •    22 Oktober 2015 17:26 WIB
isis
Analis: Serangan ISIS Tewaskan 3.000 Orang dalam 3 Bulan
Bendera hitam ISIS berkibar di distrik Daquq, Irak. (Foto: AFP / MARWAN IBRAHIM)

Metrotvnews.com, London: Aksi brutal kelompok militan Islamic State (ISIS) melonjak tajam dalam tiga bulan terakhir. 

Badan analisis IHS Jane melaporkan adanya lebih dari 1000 serangan dan 3000 kematian akibat ISIS di seluruh dunia sejak Juli lalu.

Data IHS Jane pada Kamis (22/10/2015) menunjukkan lonjakan 42 persen serangan harian ISIS, dengan tingkat rata-rata 11,8 per hari dari Juli hingga September. Angka ini naik dari 8,3 per hari antara April dan Juni. 

Angka-angka tersebut mengindikasikan bahwa serangan udara koalisi Amerika Serikat di Irak dan Suriah kurang efektif. 

Bermarkas di London, Inggris, IHS Jane mencatat 1086 serangan ISIS, yang berujung pada kematian 2978 warga sipil dan aparat pemerintahan. Angka itu naik 65,3 persen dari rata-rata korban tewas oleh ISIS tiga bulan sebelum Juli, dan naik 81 persen dari tahun lalu. 

IHS Jane menggunakan berbagai sumber terbuka dalam mengumpulkan data serangan ISIS. IHS Jane menyebutkan kemungkinan adanya lebih banyak serangan oleh ISIS yang tidak dapat diverifikasi. 

"Meski serangan udara koalisi telah memberikan tekanan signifikan, sepertinya masih belum cukup untuk melemahkan, apalagi mengalahkan (ISIS)," ujar Matthew Henman, kepala Pusat Pemberontakan dan Terorisme IHS Jane, kepada AFP. 

"Dalam sepekan terajhir ISIS sudah menguasai banyak area di Aleppo, dan kemungkinan akan terus meluas," sambung dia.


(WIL)