Aturan Perbankan Syariah Dilonggarkan

Desi Angriani    •    22 Oktober 2015 22:35 WIB
ojk
Aturan Perbankan Syariah Dilonggarkan
Ilustrasi. MI/M Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman Hadad menuturkan sedang menyampaikan peraturan baru terkait dengan perbankan syariah. Kenapa perbankan syariah? karena menurutnya hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk mendorong industri keuangan syariah.

Dia menjelaskan peraturan pertama yang diterbitkan yaitu dengan diterbitkannya relaksasi pengeluaran produk aktivitas bank syariah.

“Kami ingin menyederhanakan mekanisme perijinan dan pelaporan bagi produk perbankan syariah. perijinan tak perlu lagi minta izin dalam artian harus mengirim surat, 

karena produk perbankan syariah itu nanti akan dikodifikasi dalam satu buku. sehingga sepanjang produknya sudah ada kodifikasinya mestinya tak perlu izin lagi, tinggal lapor saja,” kata dia di Istana Negara, Jakarta, Kamis (22/10/2015). 

Dia mengatakan sedang menyiapkan kodifikasi untuk mempermudah, dengan demikian perbankan syariah yang mau bikin produk baru tinggal lapor saja. Hal yang sama berlaku juga dengan produk lain yang berkaitan dengan kegiatan pegadaian, terutama gadai emas yang dilakukan oleh perbankan syariah inikita sudah atur kembali dengan memperhatikan prinsip kehatihatian juga sekaligus ruangan untuk tumbuh.

“Karena masyarakat di bawah itu suka nyimpen emas kecil-kecil. dan tentu saja emas ini bisa membuka akses keuangan kalau emas dibawa ke pegadaian. Nah untuk itu peran perbankan syariah tentu saja melengkapi pegadaian dalam rangka membuka akses keuangan terutama emas yang kecil-kecil,” kata dia.

Dia menambahkan peraturan yang kedua terkait dengan penyederhanaan dalam pembukaan jaringan kantor termasuk jaringan konvensional yang induknya bisa dipakai oleh perbankan syariah yang jadi anak usaha.

“Karena induknya ada di mana-mana dan induknya bisa jualan produk syariah. ini mendorong efisiensi, diharapkan tentu saja harga, tingkat suku bunga dan sebagainya lebih sesuai bagi masyarakat,” kata dia. 



(SAW)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

2 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /