Menlu Denmark Kagumi Posisi Istiqlal dan Katedral yang Berhadapan

Willy Haryono    •    23 Oktober 2015 00:22 WIB
indonesia-denmark
Menlu Denmark Kagumi Posisi Istiqlal dan Katedral yang Berhadapan
Menlu Denmark Kristian Jensen (4 dari kanan) bersama sejumlah pemuka agama dalam kunjungannya ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta, Kamis (22/10/2015). (Foto: MTVN / Nabila Gita)

Metrotvnews.com, Jakarta: Keharmonisan antar umat beragama menjadi satu hal yang paling dikagumi Kristian Jensen di Indonesia. 

Jensen, Menteri Luar Negeri Denmark, melihat contoh keharmonisan itu dari posisi Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. 

"Dua tempat ibadah yang berbeda, saling berhadapan, namun tetap ada keharmonisan. Itulah Indonesia," ujar Jensen dalam kunjungannya ke Istiqlal dan Katedral, Jakarta, Kamis (22/10/2015). 

Tentu tidak hanya mengunjungi tempat ibadah, Jensen juga berdialog dengan sejumlah pemuka agama Tanah Air. Ia mendiskusikan mengenai keselarasan dan toleransi beragama di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak keempat di dunia dan negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia. 

Meski mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, Jensen kagum karena hampir tidak ada konflik berarti seperti yang terjadi di Timur Tengah. Islam di Indonesia moderat, tidak condong ke kanan atau ke kiri. 

"Dua organisasi Islam yang Anda miliki, yaitu NU (Nahdlatul Ulama) dan Muhammadiyah adalah organisasi yang sangat penting untuk membangun negara yang demokratis," kata Jensen kepada awak media. 

"Hal ini mengubah pandangan negara saya mengenai Islam di Indonesia. Orang-orang akan sadar bahwa Islam memiliki peranan penting dalam membangun negara Indonesia," lanjut dia. (Nabila Gita)


(WIL)


Rapor Pemain hingga Komparasi Statistik Bayern - Madrid
Bayern Muenchen vs Real Madrid

Rapor Pemain hingga Komparasi Statistik Bayern - Madrid

7 hours Ago

Bayern Muenchen menelan pil pahit usai dikalahkan Real Madrid pada leg pertama semifinal Liga C…

BERITA LAINNYA
Video /