Akibat Asap, Garuda Gendong Kerugian USD8 Juta

Annisa ayu artanti    •    23 Oktober 2015 14:06 WIB
garuda indonesia
Akibat Asap, Garuda Gendong Kerugian USD8 Juta
Sejumlah kru pesawat Garuda menyiapkan pesawat di tengah kabut asap. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mencatat kerugian sebesar USD8 juta akibat gangguan kabut asap yang melanda beberapa wilayah Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo mengatakan, meskipun pada bottom line kuartal III-2015 perusahaan pelat merah ini menunjukkan tren positif, namun perseroan memikul kerugian tersebut sejak dari Agustus hingga September.

"Jadi kita masih bersyukur untuk bottom line kuartal III-2015 masih positif, tapi kita ada kehilangan opportunity revenue selama Agustus-September sekitar USD8 juta dari asap," kata Arif, dalam pemaparan kinerja kuartal III PT Garuda Indonesia di Gedung IIKGA, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Menurutnya, hampir sebagian besar pengeluaran dilakukan untuk mengganti biaya yang telah dikeluarkan para penumpang, yang penerbangannya terhambat akibat asap dan menelan kerugian sebesar USD6 juta.

"USD6 juta itu di penumpang-penumpang, cost lainnya yang kita tanggung. Itu jaringannya kita di kuartal III," ungkap dia.

Karena angka tersebut terbilang cukup besar, Garuda Indonesia juga melakukan antisipasi-antisipasi seperti mengoptimalkan kapasitas dan relokasi idle capacity.

"Ke kita dari management mesti lebih lincah ya, bagaimana mengoptimalkan kapasitas yang ada jadi kita sudah melakukan beberapa strategi yang merelokasi idle capacity gara-gara asap tapi kan ini enggak bisa lama kita harus segera redeplay untuk kondisi semula," papar dia.

Menurutnya, semua pihak saat ini sedang berbenah, serta hanya tinggal masalah kecepatan dalam menanganinya saja. Dengan demikian, dia berharap, pada kuartal IV nanti segala sesuatu terkait kerugian akibat asap dapat teratasi.

"Mudah-mudahan kuartal IV ini bisa dipercepat mengatasi hal tersebut," pungkas dia.


(AHL)

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal
Bursa Transfer Pemain

Milan Resmi Pinjamkan Bacca ke Villarreal

58 minutes Ago

Dalam kesepakatan transfer itu, Bacca dipinjamkan selama semusim penuh. Villarreal menebus 2,5 …

BERITA LAINNYA
Video /