Atasi Kabut Asap, Pemerintah Gelar Operasi Kemanusiaan

Desi Angriani    •    23 Oktober 2015 14:10 WIB
asap
Atasi Kabut Asap, Pemerintah Gelar Operasi Kemanusiaan
Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan----Ant/Rivan Awal

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah segera menggelar operasi kemanusiaan di wilayah terdampak kabut asap. Operasi dilakukan mulai hari ini.

"Operasi kemanusiaan sudah semua siap.Presiden sudah perintahkan go ahead dan kita sudah akan jalan mulai hari ini," kata Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2015).

Luhut menjelaskan, operasi dilakukan dengan mengevakuasi warga, terutama balita dan anak-anak ke gedung-gedung pemerintahan atau kapal perang milik TNI. Pemerintah menyiagakan enam kapal perang TNI dan dua kapal Pelni di wilayah Sumatra dan Kalimantan.

"Ya kita cari tempat bayi untuk diungsikan kalau sampai diperlukan. Ada enam kapal perang TNI disiapkan dan dua kapal Pelni, satu di Sumatra dan Satu di Kalimantan," tutur politikus Golkar ini.

Terkait penggunaan fasilitas gedung pemerintah, Kementerian Sosial akan mengoptimalkan fasilitas tersebut dengan melengkapi alat pembersih udara.  Sehingga, kapal perang menjadi pilihan terakhir atau untuk keadaan darurat.

"Langkah pertama di daerah sendiri dulu, karena Ibu Khofifah punya fasilitas dari daerah. Seperti kasih penutup dan purifying air. Kalau itu tidak bisa lagi, kita coba pindahkan ke kota misalnya di Kalimantan pindah ke Banjarmasin. Kalau tidak bisa kita siapkan kapal perang di sana," tambah Luhut.

Kendati masalah kabut asap tidak masuk dalam kategori bencana nasional, kata Luhut, pemerintah sudah melakukan upaya maksimal layaknya darurat nasional.

"Langkah-langkah yang kami ambil sebenarnya sampai pada tahapan seperti bencana nasional atau darurat nasional," pungkas dia.


(TII)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

10 hours Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /