TNI Tangkap Perompak di Selat Malaka

Ilham wibowo    •    23 Oktober 2015 15:24 WIB
perompak
TNI Tangkap Perompak di Selat Malaka
Laksamana Muda Ahmad Taufiqurrohman. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com Jakarta: Perompak menyatroni kapal TB Bukit Prima 01 di perairan Tanjung Dato, Kepulauan Riau, Selasa 20 Oktober. Dua hari kemudian, kapal MV Merlin jadi korban perompak saat berlayar di Selat Malaka.

Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Barat (Koarmabar) Laksamana Muda Ahmad Taufiqurrohman mendapat laporan dua kejadian itu. Laporan kasus pertama masuk saat ia dalam perjalanan ke Port Blair, India.

"Dari dalam pesawat Patmar TNI AL CN-235 saya langsung perintahkan Asintel dan Asops Pangarmabar untuk investigasi serta melakukan pengembangan kasus tersebut untuk memverifikasi kebenarannya," kata Taufiq di Aula Jos Sudarso, Markas Koarmabar, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (23/10/2015)

Taufiq menjelaskan, perompakan pertama pukul 09.00 di perairan Tanjung Dato. Tim WFQR Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK) dan KRI Kujang-642 lalu menangkap satu boat berisi empat orang yang diduga merompak kapal TB Bukit Prima 01.

"Empat pelaku menyerah setelah ada tembakan peringatan oleh KRI Kujang-642," ujar Taufiq. Petugas membawa empat pelaku, barang bukti 20 jeriken minyak, dan satu boat, ke Lanal TBK, untuk diproses.

Perompakan kembali terjadi pada 22 Oktober, sekitar pukul 04.30 WIB. Taufiq dalam perjalanan kembali ke Tanah Air dari India. "Saya perintahkan untuk pengejaran dan investigasi oleh tim VBSS KRI Beladau-643," kata dia.

Koarmabar koordinasi dengan sebuah instansi di Singapura untuk mencari informasi soal MV Merlin, kapal berbendera Marshall Island. Lalu, Tim WFQR 4 Lanal TBK menangkap dua orang perompak di perkampungan Pulau Parit.

Tim menemukan boat, senjata tajam, dan barang-barang diduga hasil kejahatan berupa sparepart. "Hasil investigasi Tim WFQR 4 barang bukti yang ditemukan ada kecocokan dengan data dari Singapura," kata Taufiq.


(TRK)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

8 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /