Mendagri Sebut Ada Ancaman Pembakaran Kantor KPUD Jelang Pilkada

Desi Angriani    •    23 Oktober 2015 15:38 WIB
pilkada serentak
Mendagri Sebut Ada Ancaman Pembakaran Kantor KPUD Jelang Pilkada
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Dheri Agriesta/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mendeteksi ancaman kerusuhan pada pilkada serentak tahun ini. Salah satunya adalah pembakaran kantor KPU di daerah. 

"Tapi sudah dideteksi semua oleh BIN dan kepolisian," Menteri Dalam Negeri Tjahjo, di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Tjahjo menjelaskan, kurang dari 10 daerah yang berpotensi rusuh saat pilkada serentak. Sepuluh daerah yang dimaksud itu berada di wilayah Sulawesi Selatan, Maluku, Nusa Tenggara Timur dan Sumatra.

"Kalau kita mencermati (dinamika politik) lima tahun lalu, tidak sampai 10 daerah lah yang rentan konflik," imbuh politikus PDI Perjuangan ini.

Kendati demikian, dia menegaskan pemerintah siap menggelar pilkada. Termasuk pilkada yang hanya diikuti satu pasangan calon. Koordinasi dengan Polri dan BIN pun telah dilakukan untuk mengantisipasi konflik. Bila pilkada serentak 2015 ini sukses, kata Tjahjo, hal ini dapat menjadi model dalam pemilu serentak 2019 mendatang.

"Untuk potensi konflik, kepolisian dan BIN sudah memetakan mana-mana yang kemungkinan tertunda karena rawan bencana atau kemungkinan ada konflik sebelum proses hari H. Kalau ini berhasil saya yakin di 2019 pileg dan pilpres serentak kalau ini berhasil, tadi yang dikatakan oleh bapak Wapres bahwa demokrasi ini secara serentak, demokratis, netralitas," pungkas dia.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan Kabupaten Nias Selatan menjadi daerah paling rawan kerusuhan pada pilkada. Menurut Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Nias Selatan selalu menjadi daerah rawan tiap kali penyelenggaraan pilkada. Suhu politik di kabupaten itu cenderung selalu tinggi. Efeknya potensi kerusuhan pun tak pernah mengalami tren penurunan. 


(KRI)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

9 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /