Gubernur Aher Targetkan Tol Ciawi-Sukabumi Rampung 2017

Antara    •    23 Oktober 2015 15:42 WIB
tol ciawi-sukabumi
Gubernur Aher Targetkan Tol Ciawi-Sukabumi Rampung 2017
Foto: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/MI_Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan pembangunan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi selesai pada akhir 2017 atau awal 2018.

"Target selesai mudah-mudahan 2017 akhir paling lambat 2018 awal. Panjang Tol Ciawi-Sukabumi ini sekitar 60 km," kata Ahmad Heryawan usai membuka acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Jawa Barat atau Pesta Rakyat de Syukron, di Kantor Gubernur Jawa Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (23/10/2015).

Pria yang akrab disapa Aher, ini berharap pembangunan Tol Ciawi-Sukabumi rampung seiring berakhirnya masa jabatan sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Tiap kali saya pulang ke kampung halaman saya Sukabumi, saya selalu ditanya warga di sana: Pak Gubernur kapan ini beresnya (Tol Ciawi-Sukabumi)?," kata Aher.

"Sementara tender tol Ciawi-Sukabumi ini dari tahun 1997, baru mulai pembangunannya tahun 2005. Artinya sudah hampir 18 tahun," kata dia.

Ia menjelaskan salah satu hambatan yang dihadapi dalam pembangunan tol itu adalah investasi dan pembebasan lahan.

"Tapi yang jelas hal-hal seperti itu ke depan jangan terjadi, khusus masalah pembebasan lahan sekarang sudah dipermudah dengan Undang Undang Pembebasan Lahan, investasi dipermudah dengan regulasi, kalau dulu investasi harus 96 persen dulu baru bisa tender. Sekarang 10-15 persen investasi sudah bisa tender," pungkas dia.

 
(TTD)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

15 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /