Bareskrim Tangkap WN Bulgaria

Meilikhah    •    23 Oktober 2015 18:25 WIB
pencurian
Bareskrim Tangkap WN Bulgaria
Komjen Anang Iskandar----Ant/Wahyu Putra

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri mencokok Dimitar Nololov Ilev. Warga Negara Bulgaria itu menjadi pelaku skimming (penduplikasian) ATM. Ilev sebelumnya sudah menjalani proses hukum di negaranya.

Menurut Kabareskrim Polri Komjen Anang Iskandar, modus Ilev adalah menggandakan kartu ATM dan melakukan pencurian data nasabah melalui alat skimming, termasuk mencuri pin ATM nasabah.

"Tersangka melakukan aksinya sejak 2013, ini terjadi di Bali. Sasarannya warga negara Serbia. Korban banyak, ada 1598 kartu nasabah dengan total kerugian 15 miliar euro atau Rp24 triliun dari 5500 penarikan di 509 ATM," kata Anang saat memberikan keterangan pers di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran, Jakarta Selatan, Jumat (23/10/2015).

Anang mengungkapkan, modus pelaku terbilang lawas. Tapi alat yang digunakan teknologi baru. Mantan Kepala BNN itu mengatakan, Ilev memasang alat skimmer di mesin atm untuk merekam data nasabah dan memasang kamera pengintai untuk mengetahui pin nasabah.

Ditambahkan dia, pelaku merupakan warga Bulgaria dan korbannya adalah nasabah Serbia. Tapi, locus delictinya di Bali. Kejahatan Ilev diketahui saat korban dari Serbia melaporkan kejadian tersebut ke Kepolisian Indonesia. Laporan tersebut tembus di Kepolisian Eropa, sehingga pelaku langsung diburu dan diadili.

"Tersangka dijerat UU Informasi dan Transaksi Elektronik karena melakukan cyber crime dan tindak pidana pencucian uang," jelas Anang.


(TII)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

15 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /