Komnas PA: Indonesia Darurat Kejahatan Seksual Anak

Ahmad Rofahan    •    23 Oktober 2015 18:26 WIB
kekerasan seksual anak
Komnas PA: Indonesia Darurat Kejahatan Seksual Anak
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Cirebon: Kekerasan terhadap anak meningkat signifikan di Indonesia. Komnas Perlindungan Anak mencatat ada peningkatan hingga 230 persen dalam kurun waktu 2010 hingga 2014. Komnas PA kemudian menyatakan Indonesia darurat kejahatan seksual anak.

Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait mengatakan hingga kini terdapat sekitar 21 juta pelanggaran terhadap hak anak dan 58 persennya merupakan kejahatan seksual.

“Pelakunya adalah orang-orang terdekat seperti keluarga maupun guru,” kata Arist saat menghadiri seminar Perlindungan Hukum Kekerasan Seksual Terhadap Anak, yang diselenggarakan Polres Cirebon, di Hotel Aston Cirebon, Jumat (23/10/2015).

Arist mengatakan penatapan darurat kejahatan seksual anak ini karena pelakunya merupakan orang-orang yang seharusnya melindungi anak. Apalagi penegakan hukum terkait permasalahan ini cukup lemah. Hukuman yang dikenakan untuk pelaku kejahatan seksual anak sangat ringan. “Negara ini seharusnya melindungi anak dengan menerapkan hukuman yang berat,” kata Arist.

Dirinya mendukung adanya rencana pengebirian pelaku kejahatan seksual anak. Walaupun dalam undang-undang diatur hukuman maksimal 15 tahun dan minimal lima tahun, namun belum ada yang mendapatkan hukuman maksimal. "Belum ada yang dihukum sampai 15 tahun, sehingga UU ini harus segera direvisi,” ujar Arist.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /