Sebelum ke Rumah Sakit, Peserta BPJS Harus ke Puskesmas

Nia Deviyana    •    23 Oktober 2015 18:44 WIB
bpjs kesehatan
Sebelum ke Rumah Sakit, Peserta BPJS Harus ke Puskesmas
Ilustrasi. (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemahaman mengenai prosedur penggunaan BPJS Kesehatan dan tipe rumah sakit harus diketahui para peserta. Sebab, tak jarang terjadi kasus peserta BPJS Kesehatan yang mendapat penolakan dari rumah sakit lantaran kurangnya pemahaman terhadap penggunaan BPJS Kesehatan.

Perlu diketahui, tidak semua rumah sakit memiliki fungsi dan fasilitas yang sama. Anda juga perlu tahu, bahwa tidak semua rumah sakit swasta bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. 

BPJS Kesehatan menerapkan sistem berjenjang untuk pengobatan. Jadi, sebelum datang ke rumah sakit, peserta harus berobat di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama, yakni puskesmas, klinik atau dokter keluarga yang tercantum di kartu BPJS.

Dokter akan memeriksa kondisi pasien. Jika memerlukan penanganan spesialistis, dokter puskesmas atau klinik akan memberi surat rujukan ke faskes tingkat kedua (rumah sakit tipe C atau D) atau tingkat ketiga (rumah sakit tipe A atau B), sesuai kebutuhan pasien. 

Jadi, Anda tidak bisa memilih mau berobat di rumah sakit mana saja sesuka hati. Tetapi, tak perlu khawatir, Puskesmas atau klinik akan memberi rujukan nama rumah sakit tempat Anda harus berobat. Jangan lupa membawa surat rujukan dari puskesmas atau klinik dan kartu BPJS Anda saat berobat ke rumah sakit.

Lantas, bagaimana peserta BPJS yang memerlukan pelayanan gawat darurat?

1.Peserta yang memerlukan pelayanan gawat darurat dapat langsung memperoleh pelayanan di setiap fasilitas kesehatan.
2. Peserta yang menerima pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang tidak bekerjasama dengan BPJS, harus segera dirujuk ke fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan setelah keadaan gawat daruratnya teratasi, dan pasien bisa dipindahkan.

Sementara itu, mengenai tipe rumah sakit, berikut penjelasannya.

Rumah Sakit Tipe A

Rumah sakit ini mampu memberikan fasilitas kedokteran spesialis maupun subspesialis luas sehingga ditetapkan sebagai tempat rujukan tertinggi atau rumah sakit pusat.Rumah sakit tipe A adalah fasilitas kesehatan tingkat 3. Untuk berobat di rumah sakit ini, peserta BPJS harus mendapat surat rujukan dari rumah sakit umum fasilitas kesehatan tingkat 2. 

Rumah Sakit Tipe B

Rumah sakit tipe B memberikan fasilitas kedokteran spesialis maupun subspesialis terbatas.Rumah sakit ini juga termasuk fasilitas kesehatan tingkat ketiga jika rumah sakit fasilitas kesehatan tingkat kedua tidak bisa menangani. 

Rumah Sakit Tipe C

Rumah sakit ini merupakan fasilitas kesehatan tingkat kedua, yang menampung rujukan dari puskesmas maupun klinik. Rumah sakit BPJS tipe C didirikan di setiap ibukota kabupaten.

Rumah Sakit Tipe D

Rumah sakit yang bersifat transisi, dan hanya mampu memberi pelayanan kedokteran umum dan gigi rujukan dari puskesmas atau klinik.


(LOV)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

4 hours Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /