RI-India Bahas Rencana Pemberian Bebas Visa

Fajar Nugraha    •    23 Oktober 2015 19:25 WIB
indonesia-india
RI-India Bahas Rencana Pemberian Bebas Visa
Menlu Retno Marsudi di pertemuan IORA (Foto: Antara)

Metrotvnews.com, Padang: Pertemuan bilateral Menlu RI Retno Marsudi dan Menlu India Vijay Kumar Singh, membahas rencana pemberian bebas visa India untuk WNI.

Pertemuan bilateral itu berlangsung di Padang pada Jumat (23/10/2015) di sela-sela pertemuan Indian Ocean Rim Association (IORA).
 
Menlu RI pun menyambut baik rencana kunjungan Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari ke Indonesia pada tanggal 1-4 November 2015. Dalam kunjungan ini Wapres Ansari dijadwalkan untuk bertemu dengan Wapres Jusuf Kalla untuk membahas langkah untuk meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara.

"Beberapa kerja sama konkrit yang akan dibahas adalah MoU on Renewable Energy dan Kerja Sama Pertukaran Budaya. Wapres India juga direncanakan untuk menghadiri Indonesia dan India Business Forum dan memberikan public lecture," sebut Menlu Retno Marsudi, dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (23/10/2015).

Selain membahas mengenai kunjungan tersebut, kedua pihak juga membahas mengenai rencana penyelenggaraan Sidang Komisi Bersama atau Joint Commission Meeting ke-5 di Indonesia.

"ini adalah wadah bagi kedua Negara untuk mereview kembali progress hubungan bilateral kita," sebut Menlu Retno.

Pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk bertukar pandangan mengenai Indonesia-India Eminent Person’s Group (II-EPG) yang siap untuk menyelenggarakan pertemuan pertamanya di Indonesia pada akhir tahun 2015. II-EPG akan terdiri dari para tokoh kedua negara yang akan saling bertukar pandangan guna menghasilkan rekomendasi untuk menguatkan kerja sama strategis kedua negara.

Beberapa tokoh dari Indonesia yang akan tergabung adalah Dr. Dino Patti Djalal, Medyatama Suryodiningrat, Shinta Widjadja Kamdani, Prof. Ir. Wiendu Nuryanti dan I Made Andi Arsana.

Kedua Menteri juga membahas lebih jauh mengenai rencana pemberian bebas visa India untuk WNI dan rencana Garuda Indonesia untuk membuka jalur baru ke India dalam waktu dekat.

India merupakan salah satu negara mitra strategis RI. Total nilai perdagangan pada tahun 2014 mencapai USD 16,20 milyar dengan investasi sebesar USD 37,1 juta pada 137 proyek. Jumlah wisatawan India ke Indonesia setiap tahunnya mencapai 217 ribu orang.


(FJR)

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi
Klausul Pembelian Messi

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi

2 hours Ago

Messi memiliki klausul 300 juta Euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp4,7 triliun.…

BERITA LAINNYA
Video /