2 Kereta Pusaka Keraton Yogyakarta Dijamas

Ahmad Mustaqim    •    23 Oktober 2015 19:42 WIB
budaya
2 Kereta Pusaka Keraton Yogyakarta <i>Dijamas</i>
Prosesi jamasan Kereta Pusaka Keraton Yogyakarta. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keraton Yogyakarta menggelar ritual jamasan (mencuci) dua kereta pusaka, Jumat, 23 Oktober. Dua kereta pusaka yang dijamas itu yakni Kanjeng Nyai Jimat dan Kyai Kutokarjo di Museum Kereta Keraton.

Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Penewu Ronodorodo, menjelaskan ritual jamasan kereta tersebut dilakukan saban Selasa Kliwon di bulan Suro. Namun, lanjutnya, karena bulan Suro tahun ini tak ada Selasa Kliwon maka diputuskan Jumat.

"Setiap jamasan hanya dua kereta, intinya Kanjeng Nyai Jimat dan kereta pendamping. Dulu, kereta ini kendaraan raja (HB I era 1800-an) yang sekarang disimpan di museum," kata dia.

Untuk menjamas dua kereta itu, para abdi dalem memakai air dan jeruk. Hal itu untuk menjaga rangka kereta yang terbuat dari kayu dan kuningan.

Selain para Abdi Dalem, tampak ratusan warga, baik dari Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. Warga yang hadir dalam jamasan itu seolah tak ingin ketinggalan berebut air bekas jamasan kereta.

Tak sekarang untuk mencuci muka, bahkan ada yang memakainya untuk mengguyur tubuhnya. "Saya waktu kecil tinggal di Yogyakarta. Secara turun-temurun, banyak warga yang meyakini bisa membawa berkah," ucapnya.


(UWA)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

4 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /