Siswa Rebutan Air Bersih di Perbatasan Indonesia-Timor Leste

Carlessius Kolo    •    24 Oktober 2015 11:06 WIB
kekeringankemarau dan kekeringan
Siswa Rebutan Air Bersih di Perbatasan Indonesia-Timor Leste
Anggota Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste melakukan patroli di daerah perbatasan Pos Nunura di Desa Tohe, Reihat, Belu, NTT, Rabu (7/10). Foto: Antara/Prasetyo Utomo

Metrotvnews.com, Timur Tengah Utara: Krisis air bersih melanda permukiman di wilayah desa perbatasan Indonesia dengan Timor Leste. Krisis air bersih ini sudah berlangsung lima bulan menyusul kemarau panjang yang melanda wilayah itu.

Akibatnya, ratusan siswa dan warga berebutan mendapatkan air bersih saat prajurit perbatasan dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL sektor barat Batalyon Artileri Medan 11/Kostrad, menyalurkan air.

Kostrad menyalurkan sebanyak 10 ribu liter air ke dua sekolah, yakni SD dan SMP Satap Negeri Nunpo serta warga masyarakat sekitarnya.

Puluhan warga Desa Haumeni Ana berlari menjunjung ember dan jeriken menuju tanki yang sudah diparkir di lapangan umum dua sekolah ini. Saling rebut dan aksi dorong-mendorong pun terjadi karena mereka khawatir tak kebagian air.

Komandan Pos Haumeni Ana, Lettu (arm) Eko Purwanto mengaku sangat merasakan kondisi warga yang mengalami kesulitan air bersih. Baginya, di pos mereka sendiri turut mengalami krisis air bersih. "Bantuan dipusatkan di dua sekolah binaan TNI, yakni SD dan SMP Satap Negeri Nunpo," kata Eko, Sabtu (24/10/2015).

Kepala Sekolah SD Satap Negeri Nunpo, Yasintus Obe mengaku sangat kesulitan air bersih. "Hanya untuk mendapat air satu drum saja sekolah membeli dengan harga Rp20 ribu," katanya.

Untuk mengatasi krisis air, Yasintus sempat meminta siswanya membawa masing-masing satu liter air untuk menyiram bunga dan mengisi bak kamar mandi. Dalam sebulan, sekolah membutuhkan sekitar 2.200 liter air sesuai daya tampung yang ada di sekolah.


(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /