Lewat Jatiasih Itu Kan Lebih Cepat

Intan fauzi    •    24 Oktober 2015 12:39 WIB
sampah jakarta
<i>Lewat Jatiasih Itu Kan Lebih Cepat</i>
Truk di Bantar Gebang----MTVN/LB Ciputri

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak enam truk sampah dari Jakarta ditahan DPRD Bekasi, Jawa Barat, karena melintas di Jatiasih di luar jam operasional. Namun, sopir truk punya alasan kenapa memilih melintas di luar jam operasional.

Aam, 54, salah satu sopir mengaku, jalur Jatiasih lebih cepat ketimbang harus lewat Cibubur. "Lewat Jatiasih itu kan lebih cepat, Cibubur suka macet," kata Aam kepada Metrotvnews.com di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (24/10/2015).

Selain itu, kata dia, jalur tersebut juga lebih pendek. Sehingga ongkos perjalanan jauh lebih murah.

"Lumayan bensinnya. Bayar tol juga lebih murah, lewat Cibubur kena Rp10 ribu, lewat Jatiasih Rp8 ribu. Beda Rp2 ribu saja lumayan bisa buat ngopi," jelas Aam.

Meski begitu, Aam yang sudah 14 tahun menjadi sopir truk itu mengaku tak pernah melanggar jam operasional. Sebab, perusahaan tempat dia bekerja tak akan bertanggungjawab, jika pekerjanya melanggar.

"Bos saya juga suka ngingetin, 'jangan langgar jalur, saya enggak akan tanggung jawab kalau ketangkep'," tukasnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota menjalin kerja sama soal pemanfaatan lahan TPST Bantar Gebang sebagai lokasi pembuangan sampah DKI. Dalam perjanjian disebutkan truk sampah hanya boleh lewat jalan biasa pada pukul 21.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB.
 
Di luar jam tersebut truk harus menggunakan Jalan Raya Alternatif Cibubur atau Transyogi. Namun, pada pelaksanaannya masih banyak sopir yang melanggar peraturan. Terakhir ada enam truk yang ditilang Dinas Perhubungan Kota Bekasi karena melanggar aturan operasional.
 
Pelanggaran jam operasional truk sampah itu menjadi salah satu alasan DPRD Kota Bekasi memanggil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. DPRD Kota Bekasi menagih niat baik Pemprov DKI karena ada sejumlah komitmen dalam kerja sama yang tidak direalisasikan.


(TII)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

16 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /