Presiden Meksiko: Tidak Ada Kerusakan Besar Akibat Topan Patricia

Fajar Nugraha    •    24 Oktober 2015 13:38 WIB
topan patricia
Presiden Meksiko: Tidak Ada Kerusakan Besar Akibat Topan Patricia
Patroli militer Meksiko di tengah ancaman Badai Patricia (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Meksiko City: Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menyebutkan bahwa Topan Patricia tidak menimbulkan kerusakan besar. Namun ancaman masih tetap harus diantisipasi.

Melalui pesan yang disiarkan melalui televisi ini, dikeluarkan setelah lima jam topan itu menghantam wilayah pesisir Jalisco. Presiden Nieto tetap mengingatkan warga untuk waspada.

"Dengan informasi yang tersedia saat ini, laporan terkonfirmasi menunjukkan bahwa imbas kerusakan jauh lebih kecil dibandingkan besar kekuatan badai," tutur Nieto, seperti dikutip AFP, Sabtu (24/10/2015).

"Warga disarankan tetap untuk berada di dalam penampungan. Kita tidak bisa lengah. Bagian paling berbahaya dari badai ini masih belum memasukan wilayah nasional," lanjutnya.

Menurut Nieto, Badai Patricia akan memicu terjadinya hujan deras di wilayah pesisir Pasifik. Selain itu, imbas badai juga diperkirakan terasa di wilayah pusat dan timur laut Jalisco.

Hingga saat ini, pemerintah federal sudah melakukan evakuasi dari sekitar 3.500 warga di Puerto Vallarta. Mereka menggunakan bus dan pesawat untuk menggapai tempat aman.

Sebuah fasilitas Palang Merah Internasional diubah menjadi tempat penampungan bagi warga di Puerto Vallarta, termasuk warga asing berasal dari Amerika Serikat (AS), Kanada dan Italia.

Kecepatan maksimum dari Badai Patricia diukur 325 kilometer per jam, yang membuatnya topan paling kuat yang pernah dicatat di bagian timur Pasifik utara. Meteorolog mengatakan, angin tersebut mereda sedikit ke 270 kilometer per jam sebelum sampai ke darat.
(FJR)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

18 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /