Konsultasi Dunia Pikiran

Anak ke-2 Berbanding Terbalik dengan Kakaknya

   •    25 Oktober 2015 08:03 WIB
dunia pikiran
Anak ke-2 Berbanding Terbalik dengan Kakaknya
Ilustrasi.(Foto: therapeuticliteracycenter.com)

Pertanyaan:

Dear Bapak Agus Setiawan,
Perkenalkan Bapak, saya Nyoman Guliana, dari Nusa Dua, Bali. Saya ingin membimbing anak ke dua saya yang baru kelas 3 SD, agar bisa seperti kakaknya yang sekarang kelas 1 SMP. Kakaknya (perempuan ) sejak usia 3 tahun sudah pintar membaca, dengan proses yang kebanyakan otodidak karena ketertarikannya yang sangat besar terhadap buku ataupun setiap bacaan.Prestasi akademiknya disekolah juga sangat  menonjol. Sedangkan anak ke dua saya, (laki2) 8 th, kls 3 SD, sepertinya berbanding terbalik dengan kakaknya.

Penguasaannya, Ketertarikannya dalam hal baca-tulis sangat jauh dari kakaknya, dan kelihatan sangat susah konsentrasi pada setiap pelajaran. Pertanyaan saya Bapak, adakah cara untuk menuntun pikiran bawah sadarnya bagi anak ini, agar bisa lebih konsentrasi pada setiap pelajaran yang diberikan. Dan adakah cara mengajarkan teknik baca kilat untuk anak saya ini, bapak..??

Terimakasih perhatiannya Bapak...

Salam hormat
Nyoman Guliana


Jawaban:

Dear pak Nyoman Guliana,

Saya sangat senang dengan perhatian bapak yang besar pada anak-anak bapak. Setiap orangtua pasti mendambakan yang terbaik untuk anak-anaknya.

Dan definisi memberikan yang terbaik ini perlu kita luruskan.

Setiap anak unik. Dan memiliki kecerdasannya masing-masing. Ini juga terlihat di kedua anak bapak. Masing-masing memiliki kecerdasan sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah menerangi jalan anak kita sehingga mereka menemukan bidang yang merupakan tempat mereka bisa dengan mudah dan bersemangat mendalami, membaca dan menjelajahi dunianya.

Jika anak kedua bapak sudah menemukan bidangnya, maka otomatis ia akan membaca untuk menjadikan hobinya menjadi lebih baik.

Jadi daripada membuatnya berkonsentrasi di setiap pelajaran yang pada intinya tidak ia sukai, lebih baik temukan apa yang paling menjadi hobinya, dan kembangkan, maka suatu hari ia bisa menjadi permata di bidangnya.

Untuk bacakilat, dalam waktu dekat akan diadakan di Bali, bulan desember. Pantau jadwalnya di Aquariuslearning.co.id atau bacakilat.com

Sukses selalu pak Nyoman.

Untuk konsultasi dan tanya jawab, silakan lemparkan pertanyaan Anda ke advisrona@gmail.com. Mengenai konsultasi dunia pikiran ini KLIK TAUTAN DI SINI.
 


(FIT)


Video /