Beruang Kutub Tertua 'Klondike' Mati di Usia 34

Willy Haryono    •    25 Oktober 2015 09:27 WIB
satwa
Beruang Kutub Tertua 'Klondike' Mati di Usia 34
Beruang kutub tertua bernama Klondike mati di usia 34 di AS, 23 Oktober 2015. (Foto: Buzzfeed)

Metrotvnews.com, Philadelphia: Beruang kutub tertua yang hidup di Amerika Serikat mati di usia 34 tahun di kandangnya di Kebun Binatang Philadelphia, Jumat kemarin. 

Klondike, beruang kutub betina, disuntik mati setelah kondisinya terus memburuk dalam beberapa pekan terakhir, termasuk mengalami infeksi dan sulit bergerak. 

"Tidak ada perkembangan signifikan dari kondisinya, dan karena usianya sudah tua, staf kebun binatang memutuskan tindakan terbaik adalah menyuntik mati," ujar pihak Kebun Binatang Philadelphia dalam pernyataan di Facebook, seperti dikutip Reuters, Sabtu (24/10/2015). 

Saat ini, beruang kutub bernama Coldilocks yang juga berusia 34 telah menjadi mengganti Klondike di Kebun Binatang Philadelphia. Kedua beruang ini tiba di Philadelphia pada Oktober 1981. 

Pemegang rekor beruang tertua di dunia adalah Debby, yang mati di usia 42 di Kanada pada 2014. 

Dapat tumbuh hingga setinggi 3,35 meter dan berbobot 635 kilogram, beruang kutub menggunakan bongkahan es mengapung sebagai tempat untuk berburu, kawin dan bergerak dari satu tempat ke tempat lain di Arktika. 

Mereka masuk kategori hewan terancam di bawah U.S. Endangered Species Act pada 2008 seiring terus mencairnya bongkahan es di tengah pemanasan global.


(WIL)


Video /