18 Ribu Hektare Hutan di Sulut Terbakar

Antara    •    25 Oktober 2015 10:39 WIB
kabut asapkebakaran hutan
18 Ribu Hektare Hutan di Sulut Terbakar
Ilustrasi. Foto: Antara/Rony Muharrman

Metrotvnews.com, Manado: Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kabupaten dan kota di Sulawesi Utara telah mencapai 18.435 hektare. Pemerintah Sulut saat ini baru memfokuskan pemadaman di hutan Gunung Klabat di Kabupaten Minahasa Utara dan kawasan konservasi Gunung Dua Sudara di Kota Bitung.

Tim pemadam meliputi aparat TNI/Polri, relawan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan warga sekitar kawasan.

Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono meminta oknum pembakar untuk menghentikan aktivitasnya. "Jika ada yang terbukti membakar lahan akan langsung kami pidanakan 10 tahun dan denda Rp1 miliar," kata Soni, seperti dilansir Antara, di Manado, Minggu (25/10/2015).

Soni juga meminta BPBD dan Badan Kesbangpol Sulut untuk aktif menyosialisasikan bahaya pembakaran hutan. "Rakyat yang mengalami dampak bencana kebakaran perlu bantuan Pemerintah kabupaten dan kota jangan ragu melaksanakan program penanggulangan bencana di daerah," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini.

Menurutnya, instruksi Presiden Jokowi yang menyatakan tidak ada kebijakan kepala daerah yang dipidanakan, harus menjadi modal kepala daerah untuk bergerak menanggulangi kebakaran. "Kalaupun ditemukan kesalahan penggunaan anggaran, sanksi yang dikenakan hanya hukuman administratif," kata dia.


(UWA)


Video /