Ribuan Warga Israel Minta Dialog Damai dengan Palestina

Willy Haryono    •    25 Oktober 2015 11:07 WIB
israel palestina
Ribuan Warga Israel Minta Dialog Damai dengan Palestina
Ribuan warga Israel berunjuk rasa di Tel Aviv, Sabtu (24/10/2015), untuk mendorong terlaksananya dialog damai dengan Palestina. (Foto: AFP / JACK GUEZ)

Metrotvnews.com, Tel Aviv: Ribuan warga Israel berunjuk rasa untuk mendorong terlaksananya sebuah dialog damai dengan Palestina, di tengah peringatan ke-20 terbunuhnya Perdana Menteri Yitzhak Rabin. 

Demonstran meneriakkan slogal "Yahudi dan Arab tidak ingin saling membenci" dan "Israel, Palestina, dua negara untuk dua warga" dalam aksinya di Lapangan Rabin, Tel Aviv, seperti dilansir AFP, Sabtu (24/10/2015). 

Lokasi demonstrasi adalah tempat terbunuhnya PM Rabin, peraih penghargaan Nobel perdamaian oleh ekstremis Yahudi pada 4 November 1995. 

Grup aktivis Peace Now -- yang mengatur acara dengan partai sayap kiri Meretz dan beberapa partai lainnya -- memperkirakan ada sekitar 6000 warga Israel yang berpartisipasi dalam unjuk rasa. 

Pengunjuk rasa menilai aksi kekerasan antar kubu Israel dan Palestina sudah harus segera dihentikan. "Situasi saat ini sudah gila. Saya tidak berbicara soal keamanan, tapi kurang adanya solusi politik. Para politisi Israel sudah menjadi semakin ekstrem belakangan ini," ujar Daniel Dojon, seorang warga Israel, kepada AFP. 

Warga Israel lainnya, yang menyebut dirinya sebagai Zeev, 67, menegaskan tidak adanya dialog damai sebagai pemicu kekerasan kedua kubu. "Saya rasa situasi akan memburuk jika kita berpikir bertindak pasif adalah jawabannya," kata dia. 

Dov Kredo, 60, yang datang dari Galilee di utara Israel, mengaku "sangat pesimistis" terhadap ketegangan Israel dan Palestina. 

"Sepertinya lebih mudah bagi orang-orang untuk terpancing rasa takut dan kebencian," ujar Kredo.


(WIL)


Kiper Cardiff City Bicara Target Filipina kontra Timor Leste
Jelang Timor Leste vs Filipina

Kiper Cardiff City Bicara Target Filipina kontra Timor Leste

3 hours Ago

Di atas kertas, The Azkals diperkirakan mampu mengatasi perlawanan Timor Leste.…

BERITA LAINNYA
Video /