ISIS Klaim Ledakan di Perayaan Ashura

Willy Haryono    •    25 Oktober 2015 11:25 WIB
isis
ISIS Klaim Ledakan di Perayaan Ashura
Polisi mengamankan ritual perayaan Ashura di Dhaka, Bangladesh, Sabtu (24/10/2015). (Foto: AFP / MUNIR UZ ZAMAN)

Metrotvnews.com, Dhaka: Kelompok militan Islamic State (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas ledakan lima bom di sebuah tempat ibadah umat Muslim Syiah di Dhaka, Bangladesh, pada Sabtu (24/10/2015). 

Grup pengawas kegiatan ekstremis, SITE, mengutip pernyataan ISIS yang menyebut "prajurit khilafah di Bangladesh meledakkan bahan peledak di Dhaka dalam ritual keagamaan." 

ISIS -- grup ekstremis Muslim Sunni -- memandang syiah sebagai aliran sesat yang harus dimusnahkan. 

Dalam ledakan di perayaan Ashura di Dhaka, sedikitnya satu orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka. Serangkaian ledakan berasal dari lima bom. 

"Ada sekitar 20 ribu orang di dalam dan di luar kuil saat itu. Mereka mempersiapkan prosesi ibadah ketika tiga bom itu meledak," ujar Wakil Komisaris Polisi Dhaka, Mofiz Uddin Ahmed, seperti dilansir AFP.

Serangan berlangsung di saat umat Syiah seluruh dunia merayakan bulan suci Muharam. Umat Syiah di Pakistan juga mengalami kekerasan sektarian, yang berujung pada meninggalnya 27 warga akibat dua ledakan bom bunuh diri.

Kementerian Dalam Negeri Bangladesh mengatakan kepada Reuters belum menemukan adanya bukti aktivitas militan di Dhaka, termasuk dari ISIS. 

Disebutkan pula ledakan ini tidak terkait dengan serangan yang menewaskan 16 umat Syiah di Pakistan beberapa jam sebelumnya. 


(WIL)


Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah
Piala AFF 2018

Prediksi Indonesia vs Timor Leste: Harusnya Menang Mudah

2 hours Ago

Kekalahan 1-0 atas Singapura pada laga pertama cukup menjadi pecut bagi Hansamu Yama cs untuk b…

BERITA LAINNYA
Video /