Habitat Terbakar, Binatang Hutan Masuk Permukiman

Antara    •    25 Oktober 2015 11:42 WIB
kebakaran hutan
Habitat Terbakar, Binatang Hutan Masuk Permukiman
Foto ilustrasi. (MI/Liliek Darmawan)

Metrotvnews.com, Penukal Abab: Kebakaran lahan dan hutan tidak saja mengakibatkan kabut asap. Sejumlah binatang hutan masuk ke permukiman warga.

Salah satunya, perkampungan warga di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan. Sejak dua pekan terakhir, sejumlah binatang buas dan liar masuk ke perkampungan.

"Ada biawak, babi hutan, kera, dan ular masuk ke kampung," kata Kardi, 45, warga Desa Suka
Maju Kecamatan Talang Ubi, di Pali, Minggu (25/10/2015).

Menurut dia, keadaan ini membuat warga di dekat kawasan hutan yang terbakar menjadi cemas, terutama atas masuknya binatang jenis ular dan babi hutan ke perkampungan penduduk.

Sejak lahan milik PTPN VII yang tidak dikelola dan kebun warga terbakar beberapa pekan lalu, warga sering melihat binatang hutan masuk ke perkampungan. 
 
Menurut Herman, warga lainnya, dalam tiga hari ini tercatat, warga sudah membunuh lima ekor ular jenis munti masak. Ular ini sangat beracun. Warga tidak mau mengambil risiko, ketika bertemu atau melihat ular jenis tersebut langsung diburu dan dibunuh.

Hewan lainnya yang juga dikhawatirkan adalah babi hutan dan kera. Dua hewan hutan ini sering merusak kebun dan tanaman warga.
 


(SAN)


Video /