KPK Kembali Periksa Trio Kasus Bansos

Renatha Swasty    •    26 Oktober 2015 12:43 WIB
gratifikasi bansos sumut
KPK Kembali Periksa Trio Kasus Bansos
Gatot Pujo dan Evy di Pengadilan TIpikor, Jakarta, Kamis 22 Oktober 2015. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi menjadwalkan pemeriksaan kepada tiga tersangka kasus suap. Ketiganya adalah Gatot Pujo Nugroho, Evy Susanti, dan Patrcie Rio Capella.

Pelaksana Harian Kepala Biro Hubungan Masyarakat KPK Yuyuk Andriati mengatakan Gatot diperiksa sebagai tersangka. Sedangkan Evy dan Rio diperiksa sebagai saksi untuk Gatot.

KPK menetapkan pasangan suami istri, Gatot dan Evy, sebagai tersangka suap penanganan perkara dugaan korupsi dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Utara di Kejati Sumut dan Kejaksaan Agung.

Gatot dan Evy disangka memberikan suap kepada anggota DPR Rio Capella. Keduanya disangka melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a, huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

KPK juga telah menetapkan Rio sebagai tersangka. Dia diduga menerima hadiah atau janji sebesar Rp200 juta dari Gatot dan Evy.

Rio Capella disangka melanggar Pasal 12 huruf a, huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Gatot mengungkapkan, Maret 2015 anak buahnya Plh Sekda Provinsi Sumut, Sabrina dan Kepala Biro Keuangan Provinsi Sumut, Ahmad Fuad Lubis, diperiksa di Kejaksaan Agung. Dalam panggilan itu, keduanya bakal diperiksa untuk tersangka Gatot.


Patrice Rio Capella seusai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Jumat 23 Oktober 2015. Antara Foto/Sigid Kurniawan

Kaitannya dengan penyelidikan dugaan korupsi dana bantuan sosial, bantuan daerah bawahan, bantuan operasional sekolah, dan tunggakan dana bagi hasil dan penyertaan modal pada sejumlah BUMD Sumatera Utara. Gatot kaget sebab belum pernah diperiksa.

"Saya pikir sudah jelas itu duduk permasalahannya kenapa saya ditetapkan sebagai tersangka tapi belum pernah diperiksa apa-apa. Kenapa dalam surat panggilan dietapkan sebagai tersangka, saya belum ada apa-apa," tegas dia.

Lalu curhatan itu, kata Gatot, disambut Rio Capella. Mantan kader PAN dan NasDem itu mengaku akan membantu.

"Saya kemudian tidak pernah diperiksa tapi dalam surat panggilan saya sudah jadi tersangka, tolong disampaikan duduk permasalahan pada Jaksa Agung, Rio bilang menyanggupi," ujar Gatot.


(TRK)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /