Tiga Hutan di Yogyakarta Rawan Kebakaran

Ahmad Mustaqim    •    27 Oktober 2015 09:04 WIB
kebakaran hutan
Tiga Hutan di Yogyakarta Rawan Kebakaran
Gunung Merapi, MI - Furqon Ulya Himawan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Hutan di kawasan Yogyakarta masih rentan terjadi kebakaran. Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Yogyakarta, kebakaran melanda tiga hutan di kawasan tersebut yaitu lereng Gunung Merapi Kabupaten Sleman, hutan di bukit menoreh Kabupaten Kulonprogo, dan hutan di Piyungan, Kabupaten Bantul.

"Dugaan kami, kebakaran yang terjadi itu akibat kecerobohan manusia. Bisa karena membuang rokok sembarangan atau membersihkan lingkungan kemudian api menjalar ke kawasan hutan," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Yogyakarta, Danang Samsu saat ditemui di ruang kerjanya seperti yang diberitakan pada Selasa (27/10/2015).

Danang mengakui hutan di seluruh Yogyakarta, termsuk juga di Kabupaten Gunungkidul, masih memiliki kerawanan terjadi kebakaran. Selain akibat masa kemarau panjang dan ulah manusia, Danang menduga gesekan sesama benda yang sangat kering juga bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran.

"Benda kering yang bergesekan dengan benda kering berpotensi menjadi sumber api. Ini bisa terjadi karena musim kemarau panjang," ungkap Danang.

Ia mengatakan BPBD telah membuat posko darurat 24 jam sejak status darurat kekeringan akibat kemarau diberlakukan Agustus lalu. Posko tersebut dibuat untuk membantu BPBD kota atau kabupaten yang memerlukan bantuan sewaktu-waktu.

"Misalnya membutuhkan bantuan 50 personil, kami akan siapkan dan mengirimkan bantuan. Pemadaman kebakaran di kawasan hutan perlu waktu lama karena biasanya jauh dari sumber air," ujarnya.

Danang mengimbau masyarakat tidak ceroboh saat beraktivitas yang berkaitan dengan api. "Kami juga berharap masyarakat memiliki langkah evakuasi sederhana untuk selamat dari bahaya kebakaran," pungkasnya.



(RRN)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /