Kabar Baik, Hujan Diprakirakan Turun di Jatim Bulan Depan

Amaluddin    •    27 Oktober 2015 09:59 WIB
kekeringan
Kabar Baik, Hujan Diprakirakan Turun di Jatim Bulan Depan
Warga Dusun Renggujang, Desa Arosbaya, Bangkalan tengah menimba air di sumur miliknya. Akibat kekeringan, air sumur warga keruh dan asin, Metrotvnews.com/ Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Surabaya: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur (Jatim) menyampaikan kabar baik untuk warga yang mengalami musim kemarau dan kekeringan di provinsi tersebut. Hujan diprakirakan mengguyur sebagian besar wilayah Jatim pada November 2015.

"Secara umum, hujan akan turun di Jatim pada akhir November," kata Kepala BMKG Jatim Bambang Setiadjit di Surabaya seperti yang diberitakan pada Selasa (27/10/2015).

Sementara untuk dataran tinggi, seperti Surabaya, Gresik, dan daerah tapal kuda (Pasuruan (bagian timur), Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi), hujan diprakirakan turun pada awal Desember.

Bambang mengakui masa kemarau di Jatim melebihi jadwal normal, yaitu lebih panjang 10 hingga 20 hari. Tanah di beberapa daerah tampak gersang.

Tapi daya kondensasi alias perubahan zat ke bentuk cair cukup tinggi. Penguapan pada musim kemarau lebih tinggi. Secara teori, suhu tak perlu lagi mendapat bantuan penguapan. Lalu kenapa hujan tak kunjung turun?

"Sebab udaranya kering. Angin yang datang pun bersifat panas. Jadi walah ada awan jenuh, itu tak serta merta hujan akan turun," kata Bambang.


(RRN)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /