Dinkes Kota Dumai Siagakan Tim Medis Darurat Asap

Antara    •    27 Oktober 2015 11:32 WIB
asap
Dinkes Kota Dumai Siagakan Tim Medis Darurat Asap
Foto: Api berkobar membakar lahan warga di Kota Dumai, Riau/Ant_FB Anggoro

Metrotvnews.com, Dumai: Dinas Kesehatan Kota Dumai, Riau menyiagakan satu tim medis di posko evakuasi darurat kabut asap untuk warga. Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Paisal mengatakan, warga yang diungsikan ke posko akan mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Warga mengalami sakit akibat asap terus meningkat dan belum ada yang berakibat fatal hingga kematian. Namun kita telah menyiapkan tim medis di posko evakuasi darurat kabut asap," kata Paisal di Kota Dumai, Riau, Selasa (27/10/2015).

Posko evakuasi darurat asap ini berlokasi di gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh, Kota Dumai. Pendopo itu sudah ditata menjadi posko dilengkapi tempat tidur darurat, pendingin udara, dan karpet. Namun, hingga berita ini disusun, belum ada warga yang dievakuasi dan berobat di posko ini.

"Kabut asap selama dua bulan ini telah berdampak tercemarnya kualitas udara hingga level berbahaya bagi kesehatan manusia, karena itu bagi masyarakat yang merasa sakit agar segera berobat," imbau dia.

Dinkes Kota Dumai mencatat, selama Oktober 2015 terdapat 3.839 pasien infeksi saluran pernafasan akut (Ispa). Peningkatan warga menderita ISPA signifikan terjadi pada September lalu yakni 4.541 pasien.

Mereka menderita batuk, pilek, paru-paru basah, asma, iritasi mata, dan kulit. Untungnya, warga memiliki kesadaran dengan segera memeriksa di pusat layanan kesehatan, puskesmas, maupun di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Dumai.

"Pelayanan rumah sakit atau puskesmas ditambah jadwal hingga pukul 9 malam Senin hingga Sabtu dan Minggu hanya sampai jam 5 sore," kata dia.

Disamping itu, penanganan kebakaran hutan dan lahan juga dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dengan terus mengintensifkan patroli dan pemadaman.

"BPBD rutin memantau kondisi titik panas dan titik api dengan menggelar patroli, terutaman di titik rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Kepala BPBD Dumai Tengku Ismet.


(TTD)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /