Obama: Jokowi Berani Selesaikan Beban Subsidi BBM

Annisa ayu artanti    •    27 Oktober 2015 11:43 WIB
indonesia-as
Obama: Jokowi Berani Selesaikan Beban Subsidi BBM
Presiden Amerika Serikat Barack Obama (tengah) dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kiri) saat memberikan pernyataan kepada wartawan. (ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah melakukan reformasi struktural, termasuk di dalamnya pengelolaan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pembangunan energi bersih.

Obama mengungkapkan pujian kepada Indonesia yang telah berani menempuh jalan sulit untuk melakukan reformasi struktural dalam pengelolaan ekonomi.

"Langkah Presiden Jokowi yang berani menyelesaikan beban subsidi BBM merupakan tindakan yang tidak semua negara berani melakukannya," ungkap Obama, seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Obama juga meyakini, bahwa dari reformasi tersebut dapat memperkuat daya saing ekonomi dan industri Indonesia. Terutama dalam kesadaran efisien di sektor energi.

"Tetapi saya yakin akan memperkuat daya saing ekonomi dan industri karena akan membangun kesadaran efisiensi di berbagai bidang, terutama dalam penggunaan energi," tambah Obama.

Dia mengatakan, pembangunan energi Indonesia akan semakin memberi peran pada energi bersih dan energi terbarukan. Oleh karena itu, Amerika berminat menjadi mitra yang kuat dalam meningkatkan peran energi bersih seperti menuapkan dukungan teknis, teknologi, dan dana.

"Amerika Serikat ingin menjadi mitra yang kuat dalam meningkatkan peran energi bersih. Ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menjadi salah satu pemimpin global dalam pengelolaan isu perubahan iklim. Kami akan menyiapkan berbagai dukungan, baik berupa bantuan teknis, akses pada teknologi maupun bantuan dana dalam mendorong pembangunan energi bersih," tutup Obama.


(AHL)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

11 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /