Remaja Ditangkap di Irlandia karena Diduga Terlibat Kasus Peretasan

Riandanu Madi Utomo    •    27 Oktober 2015 13:06 WIB
hacker
Remaja Ditangkap di Irlandia karena Diduga Terlibat Kasus Peretasan
Remaja Irlandia diduga terkait dengan kasus peretasan perusahaan telekomunikasi Inggris

Metrotvnews.com: Beberapa hari yang lalu, salah satu perusahaan telekomunikasi di Inggris, TalkTalk, diserang sekelompok hacker yang hingga kini belum diketahui identitasnya. Kelompok hacker tersebut dikabarkan juga meminta sejumlah tebusan kepada TalkTalk, namun polisi sepertinya sudah mulai dapat melacak mereka.

Menurut Reuters, seorang remaja berusia 15 tahun baru saja ditangkap di Irlandia karena diduga memiliki hubungan terhadap serangan siber kepada TalkTalk. Menurut kepolisian setempat, remaja tersebut telah melanggar peraturan mengenai penyalahgunaan komputer dan kini tengah berada di kantor polisi setempat untuk diperiksa lebih jauh.

Kasus peretasan TalkTalk mengakibatkan sekitar 4 juta data pelanggannya dicuri hacker. Hal tersebut tentu akan membahayakan para pelanggan TalkTalk karena di antara data tersebut terdapat berbagai informasi sensitif.

Kepada Reuters, pihak TalkTalk mengaku tak yakin bila remaja tersebut mampu membobol sistem keamanan digital TalkTalk. Pernyataan tersebut memang dapat membuat remaja tersebut terlepas dari kasus hukum, namun ia masih akan diperiksa lebih lanjut oleh kepolisian setempat.


(ABE)

Video /