Jelang Akhir Tahun, Serapan 11 SKPD Jatim di Bawah 50 Persen

Amaluddin    •    27 Oktober 2015 12:58 WIB
anggaran
Jelang Akhir Tahun, Serapan 11 SKPD Jatim di Bawah 50 Persen
Ilustrasi dana APBD, Ant

Metrotvnews.com, Surabaya: ‎Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jawa Timur (Jatim) menyoroti penyerapan anggaran sebelas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) rendah pada triwulan ke-IV di tahun 2015. Penyerapan anggarannya masih di bawah 50 persen.

"Padahal ini sudah mendekati akhir tahun, penyerapannya harusnya sudah lebih 50 persen," kata Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Ka’bil Mubarok, seperti yang diberitakan pada Selasa (27/10/2015).

Sebelas SKPD itu di antaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (disbudpar), Dinas Koperasi dan UKM, Biro Perekonomian, Biro Sumber Daya Alam (SDA), Serta Dinas Pertanian, Peternakan dan Perhutanan.

"Ini hal yang cukup buruk, mengingat tahun angaran yang segera habis. Maka dari itu, kita setiap hari mengadakan hearing dengan SKPD­SKPD terkait,” kata politikus asal PKB ini.

Mubarok menjelaskan, harusnya pada triwulan I target serapan anggaran minimal 20 persen. Penyerapan anggaran pada triwulan II minimal 30 persen. 

“Kemudian untuk triwulan III sekitar 35 persen, sisanya 15 persen untuk triwulan IV, sehingga mendekati akhir tahun anggaran sudah terserap keseluruhan,” tandasnya.

Di lain tempat, Sekda Provinsi Jatim, Akhmad Sukardi, membenarkan penyerapan anggaran masih rendah. Sukardi beralasan itu bukan karena program kegiatan tak jalan. Tapi rekanan SKPD belum mengambil anggaran program.

"Yang jelas hampir semua program telah dilaksanakanakan oleh seluruh SKPD di tahun 2015 ini. Hanya saja masih ada anggaran yang tinggal tagihan­-tagihan saja, kaeena tidak semua rekanan menggunakan anggaran di muka," ujar Sukardi.

Meski demikian, Sukardi memprediksi serapan anggaran akan melonjak naik jelang akhir tahun. Pihaknya berkeyakinan serapan anggaran tahun 2015 akan terserap dengan baik. "Saya yakin proyeksi anggaran mencapai 97 persen," ungkapnya.


(RRN)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /