Pemkot Tangsel Bakal Ajarkan Pengelolaan Sampah Sejak Dini

Lukman Diah Sari    •    27 Oktober 2015 16:01 WIB
sampah
Pemkot Tangsel Bakal Ajarkan Pengelolaan Sampah Sejak Dini
Ilustrasi--Antara/Irene Renata

Metrotvnews.com, Tangerang Selatan: Sampah selalu menjadi masalah di perkotaan, salah satunya di Tangerang Selatan (Tangsel). Agar tidak menjadi masalah, Pemerintah Kota Tangsel melakukan sejumlah program. Salah satunya melalui sekolah sehat dan sekolah ramah anak.

Kabag Humas Pemkot Tangsel Dedy Rafidi mengungkapkan, melalui sekolah sehat diterapkan pendidikan pengelolaan sampah dan merawat lingkungan sejak dini. Pihaknya menggandeng salah satu negara Eropa, Swedia.

Tak hanya melalui pendidikan, pengetahuan pengelolaan sampah juga diberikan ke beberapa lokasi di Tangsel. "Kunjungan (Swedia) selain untuk pendidikan juga akan ke Cipeucang, tempat pengelolaan sampah dan lainnya. Dari sana akan dilihat bagaimana cara mengelola sampah dan mengembangkannya," ujar Dedy kepada Metrotvnews.com, Selasa (27/10/2015).

Dedy menjelaskan, kerjasama antara Swedia dan Tangsel tidak hanya terkait pendidikan. Kerjasama juga dilakukan di bidang kebersihan dan pengelolaan sampah.

"Kerjasama bisa juga untuk membantu bidang kebersihan, dan pengelolaan sampah itu baiknya seperti apa. Mereka juga punya teknologi bagaimana mengelola sampah dengan apa agar tidak bau," jelas Dedy.

Pemerintah Kota Nybro, Swedia, akan datang ke Tangsel pada 1 sampai 7 November. Tim akan lebih menitikberatkan masalah sampah di Tangsel. Pendidikan, khususnya sekolah dasar, juga menjadi perhatian. "Lebih banyak nanti tentang pengembangan dan pengelolaan sampah," ujarnya.

Swedia memiliki sistem pendidikan dasar yang baik, dan berkesinambungan dengan pengelolaan sampah dan menjaga kebersihan. Ini diterapkan sejak usia dini. "Mereka pengelolaan sampah, sudah dimulai dari SD itu sudah ditanamkan," ujar Dedy.

Dengan cara itu, diharapkan sejak usia dini para anak-anak di Tangsel bisa mempelajari bagaimana cara hidup bersih dan mengelola sampah dengan baik. Dedy memastikan, program sekolah sehat dan sekolah ramah anak bakal terealisasi di Tangsel.


(YDH)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /