Jaksa Agung: Masalah Risma Sudah Selesai

Anggitondi Martaon    •    27 Oktober 2015 17:30 WIB
tri rismaharini
Jaksa Agung: Masalah Risma Sudah Selesai
Jaksa Agung H.M. Prasetyo. Antara Foto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan menegaskan kasus penyalahgunaan wewenang saat relokasi Pasar Turi sudah selesai. Polri segera mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

Jaksa Agung H.M. Prasetyo menyampaikan, pihaknya mengikuti langkah Polri dalam menangani kasus ini. Menurutnya, Kejaksaan tidak pernah menetapkan mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai tersangka.

"Kami ikut apa yang disampaikan Pak Kapolri. Mereka menyidik, ini pidana umum, sepenuhnya domain Polri sebagai penyidiknya," kata Prasetyo di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2015).

Kepolisian mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan kasus ini pada Mei 2015. Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan pada September.

Selanjutnya, Polri mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP3) per 26 Oktober. “Tidak benar jika Kejaksaan yang menjadikan Bu Risma tersangka. Tidak ada itu,” ujar dia.

Prasetyo menjelaskan, Kejaksaan bekerja jika sudah menerima berkas perkara. "Bagaimana mau meneliti kalau berkasnya tidak ada‎. Sekarang info terakhir, sudah dihentikan penyidikannya. Kan sudah selesai di situ," kata Prasetyo.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan ada kelalaian penyidik kasus ini, salah satunya keterlambatan mengirim
Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan ke Kejaksaan. Sehingga timbul perbedaan tafsir antara Polri dan Kejaksaan.

(Klik: SP3 Kasus Risma Segera Diterbitkan)

Kejaksaan menganggap Risma sudah tersangka. Berdasarkan SPDP Nomor B/415/V/15 Reskrimum tertanggal 28 Mei 2015 tertulis Tri Rismaharini sebagai pelaku.

"Dalam istilah hukum kalau pelaku sama dengan tersangka. Tidak ada istilah terduga dalam hukum itu," kata Asisten Pidana Umum Andi Muhammad Taufik.


(TRK)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /