Pembebasan Lahan Jadi Kendala Investasi Indonesia Timur

Husen Miftahudin    •    27 Oktober 2015 17:46 WIB
pembebasan lahankementan ads
Pembebasan Lahan Jadi Kendala Investasi Indonesia Timur
Pembebasan Lahan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Metrotvnews.com, Makassar: Pemerintahan Jokowi-JK terus menggenjot investasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Namun sayangnya, kendala pembebasan lahan menjadi penyebab utama para investor enggan menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya kawasan Indonesia Timur.

Hal tersebut diakui Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Timur, Zulkarnaen Arief saat temu investor bersama Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dalam agribisnis pangan. Hal ini membuat perkembangan kawasan Indonesia Timur, khususnya Sulawesi Selatan (Sulsel) sulit untuk terwujud.

"Kalau berbicara investasi sektor pertanian, yang masih menjadi kendala adalah pembebasan lahannya. Karena sulit sekali kita untuk mendapatkan izin pengelolaan lahan tersebut," ujar Zulkarnaen ditemui di Hotel Novotel, Jalan Chairil Anwar, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (27/10/2015).

Ia melanjutkan, permasalahan pembebasan lahan jika tak diselesaikan dengan segera akan membuat program swasembada pangan yang ditetapkan pemerintah selama tiga tahun sulit untuk terwujud. 

Maka itu, ia meminta agar pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk serius dalam mempermudah proses mendapatkan lahan bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di wilayah Indonesia Timur.

Dia menuturkan Sulsel siap menunjang pembangunan kawasan Indonesia Timur demi pemerataan pembangunan secara nasional. Dia berharap agar pemerintah dapat memberikan jalan keluar bagi para investor bidang pertanian untuk memberikan aturan yang jelas dan kepastian berinvestasi bagi investor. 

"Harus ada jalan keluar. Ini untuk meningkatkan kepercayaan minat para investor," pungkas dia. 


(SAW)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

22 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /