Rumah Sakit Yaman Hancur Dihantam Serangan Udara Arab Saudi

Fajar Nugraha    •    27 Oktober 2015 17:49 WIB
yaman
Rumah Sakit Yaman Hancur Dihantam Serangan Udara Arab Saudi
Ilustrasi: Reuters

Metrotvnews.com, Sanaa: Sebuah rumah sakit di Yaman yang dikelola oleh Medecins Sans Frontieres (MSF) dihantam serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi.

"Fasilitas MSF di Saada, Yaman dihantam oleh beberapa serangan udara pada Senin (26/10/2015)," pernyataan pihak MSF, seperti dikutip Reuters, Selasa (27/10/2015).

"Serangan terjadi di saat pasien dan staf medis berada di dalam fasilitas itu," lanjut pihak MSF.

Ini bukan kali pertama fasilitas medis milik MSF terkena serangan udara. Pada 3 Oktober 2015 lalu, sebuah rumah sakit milik MSF di Afghanistan hancur terkena serangan udara militer Amerika Serikat (AS).

Pengeboman di MSF ini menewaskan 19 orang, termasuk tiga anak-anak. Saat itu, pasukan AS melancarkan sebuah serangan udara di kota Kunduz pada pukul 02.15 waktu lokal terhadap sekelompok orang yang keberadaannya mengancam.

Presiden AS Barack Obama dan Sekjen PBB Ban Ki-moon mengutuk serangan ini. Obama menegaskan Kementerian Pertahanan sedang menginvestigasi kejadian tersebut, sementara Ban mendesak adanya penyelidikan menyeluruh hingga tuntas.

Namun pada akhirnya AS mengakui kesalahannya dalam melancarkan serangan udara di Kunduz. Jenderal John Campbell yang bertugas di Afghanistan mengakui kesalahan pasukannya.

MSF mengatakan serangan ini melanggar hukum kemanusiaan internasional. Mereka mengaku sudah memberitahu titik koordinat RS kepada pasukan AS dan Afghanistan.


(FJR)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

23 hours Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /