Taliban Berjanji Bantu Korban Gempa Afghanistan

Willy Haryono    •    27 Oktober 2015 18:09 WIB
gempa afghanistan
Taliban Berjanji Bantu Korban Gempa Afghanistan
Petugas mengangkut anak kecil yang terluka dalam musibah gempa di provinsi Takhar, Afghanistan, Selasa (27/10/2015). (Foto: AFP / Naseer Sadeq)

Metrotvnews.com, Kabul: Kelompok militan Taliban berjanji menolong korban gempa bumi di Afghanistan, dan juga meminta organisasi kemanusiaan untuk terus menyalurkan bantuan. 

Taliban berjanji tidak akan menghalang-halangi atau menyerang pihak yang hendak membantu korban gempa.

Sedikitnya 76 orang tewas dalam gempa 7,5 Skala Richter (SR) di area Hindu Kush, Afghanistan. Gempa ini turut berimbas ke negara tetangganya, Pakistan. Total gabungan korban tewas dari kedua negara telah melebihi angka 300. 

"Islamic Emirate (Taliban) meminta organisasi kemanusiaan untuk tidak menahan diri untuk menyediakan tempat penampungan, makanan dan obat-obatan kepada korban gempa bumi," ujar Taliban di situsnya, seperti dikutip AFP, Selasa (27/10/2015). 

"Mujahidin di area terdampak bencana juga harus membantu korban dan memfasilitasi organisasi kemanusiaan," lanjutnya.

Otoritas Afghanistan mengatakan episenter gempa berlokasi di provinsi terpencil Badakhshan. Laporan awal menyebut sekitar 4000 rumah di Afghanistan rusak dalam gempa ini. 

Selama ini, organisasi kemanusiaan enggan datang membantu korban bencana di Afghanistan karena takut diserang Taliban. PBB memperkirakan jangkauan Taliban di Afghanistan terus meluas sejak 2001, dengan lebih dari separuh distrik berada di bawah kendali grup tersebut. 


(WIL)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

8 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /