256 Warga Binaan Ikut Pilih Wali Kota Solo

Pythag Kurniati    •    27 Oktober 2015 18:13 WIB
pilkada 2015
256 Warga Binaan Ikut Pilih Wali Kota Solo
Sosialisasi pilkada pada warga binaan di Solo, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 256 warga binaan rumah tahanan (rutan) Kelas I Kota Solo akan memilih kepala daerah dalam gelaran Pilkada serentak 9 Desember mendatang.

"Nanti warga binaan akan kita keluarkan bergiliran per blok. Blok A, blok B, sampai blok D," ujar Mulyadi, Staf Administrasi dan Registrasi Rutan Kelas I Solo yang juga bertugas menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam pilkada di Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/10/2015).

Ketua KPUD Kota Surakarta, Agus Sulistyo mendukung sistem tersebut karena terbukti menghasilkan tingkat partispasi yang tinggi. "Tingkat partisipasi pemilu di rutan mencapai 90 persen, karena mereka dijemput satu per satu dari ruangan mereka," kata Agus.

Agus menambahkan, jumlah pemilih di rutan dapat bertambah apabila ada warga binaan baru yang merupakan warga Solo. Warga binaan baru tersebut dapat didaftarkan dalam Daftar Pemilih Tambahan.

"Nanti warga binaan dapat meminta tolong keluarganya yang sedang menjenguk untuk meminta blangko A5 agar dapat menggunakan hak pilihnya", tutur Agus.

Pilkada Kota Solo diikuti dua calon. Yakni, Anung Indro Susanto-Muhammad Fajri maju diusung Partai Gerindra, Partai PAN, PKS, PPP, Partai Golkar, dan Partai Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Solo Bersama (KSB). Sedangkan lawannya, FX. Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo merupakan calon petahana yang diusung oleh partai tunggal PDIP.


(SAN)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /