Ini Daerah-daerah Rawan Longsor di Yogya

Ahmad Mustaqim    •    27 Oktober 2015 18:26 WIB
longsor
Ini Daerah-daerah Rawan Longsor di Yogya
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Empat kebupaten dan satu kota di Daerah Istimewa Yogyakarta berpotensi longsor. Pasalnya, kontur tanah di beberapa wilayah tersebut memiliki kecuraman 45 derajat lebih.

"Namun kalau longsor, tak sampai seperti di Banjarnegara tahun lalu. Kalau di DIY potensi korban sedikit-sedikit, sekitar 2-5 kepala keluarga," ujar Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Danang Samsu di Yogyakarta, Selasa (27/10/2015).

Danang menjelaskan, daerah yang memiliki potensi longsor, yakni Bukit Menoreh di Kabupaten Kulon Progo, Bukit Seribu di Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, kawasan Prambanan Kabupaten Sleman, dan daerah perbukitan di Imogiri Kabupaten Bantul.

Sedangkan, kawasan berepotensi longsor saat musim hujan di Kota Yogyakarta barada di sepanjang bantaran Sungai Code. "Bantaran sungai semestinya tak boleh menjadi permukiman," ungkapnya.

Plt Kepala BPBD DIY, Gusti Bendara Pangeran Haryo Yudhaningrat menambahkan di DIY memiliki sekitar 300-an desa tangguh bencana. Masyarakat desa tersebut  telah dilatih menghadapi bencana oleh tim BPBD termasuk TNI dan polisi.

Yudhaningrat juga mengungkapkan, pemerintah telah berupaya melakukan pencegahan potensi longsor dengan penanaman pohon di perbukitan dan membuat talut di beberapa kawasan rawan longsor.

"Kami imbau masyarakat DIY tetap waspada. Jangan segan meninggalkan rumah jika terjadi hujan deras," jelasnya.


(SAN)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

4 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /